Fenomena Alam Ekstrem: Mobil-mobil Ini Diselimuti 'Es Batu', Bukan Cuma Salju

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 25 Nov 2020 19:58 WIB
Mobil diselimuti es hingga beku
Mobil beku diselimuti es Foto: dok. Discoverearth
Jakarta -

Cuaca ekstrem melanda Rusia. Saking dinginnya hampir seluruh barang yang ada di luar ruang beku termasuk mobil yang terparkir di pinggir jalan. Pengendara pun harus memukulkan palu ke bodi mobil agar es yang menyelimuti mobil pecah.

Kejadian ini terjadi di Vladivostok, Rusia. Dikatakan cuaca ekstrem terjadi pada 19 November 2020.

"Yang terjadi setelah hujan beku di #Vladivostok, #Russia (November 19). Hujan beku adalah tipe air hujan yang menghantam permukaan dingin, dan kemudian membeku nyaris seketika itu juga."

"Sering terjadi, air hujan ini pada awalnya turun dari awan sebagai salju (ketika kondisinya cukup dingin di ketinggian di mana awan tersebut berada). Jika mereka melewati area yang hangat saat jatuh ke bumi, maka itu akan meleleh dan berubah menjadi tetesan hujan. Tapi dalam kondisi yang sangat jarang, jika tetesan air itu kemudian melewati kembali udara yang dingin sesaat sebelum menyentuh daratan, rintik air itu akan menjadi 'super dingin'. Itu artinya mereka tetap jatuh dalam bentuk cairan, meski temperaturnya sudah di bawah nol."

cuaca ektrem di RusiaCuaca ektrem di Rusia bikin mobil ditutupi es batu Foto: dok. Discoverearth

"Saat cairan super dingin itu menyentuh daratan (yang suhunya di bawah nol derajat celcius juga), mereka sedikit menyebar saat mendarat, lalu seketika membeku. Hasilnya adalah es, lapisan es, bisa berakumulasi menjadi ketebalan sampai beberapa centimeter dan menutupi seluruh lapisan yang dijatuhi," demikian penjelasan akun discoverearth.

Dalam akun tersebut terdapat video seorang pria harus memukuli gumpalan es tebal yang menyelimuti seluruh mobilnya agar bisa dikendarai atau sekedar melepaskan es tersebut. Jika biasanya musim dingin membuat kendaraan ditutup salju, kali ini bentuknya sudah menyerupai es batu.

Selain itu terdapat pula video yang menggambarkan mobil benar-benar tertutup lapisan es tebal sampai tidak terlihat bentuk dari mobilnya tersebut. Wah bakal merusak mobil tidak ya?

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Hyundai Siapkan Mobil Listrik Murni Pertama di Indonesia!"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)