Tewaskan Beberapa Orang, Ini Cerita Porsche 550 Spyder yang Terkutuk

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 03 Mar 2020 20:39 WIB
Porsche terkutuk
Porsche yang dimiliki aktor Hollywood kerap memberi kesialan Foto: bestride
Jakarta -

Cerita nyata yang melegenda dari aktor Hollywood James Dean dan mobil Porsche 550 Spyder miliknya masih yang menarik untuk diceritakan sampai sekarang. Seperti diketahui aktor ini tewas kecelakaan pada 30 September 1955, tujuh hari setelah ia membeli mobilnya.

Porsche yang dijuluki "Little Bastard" ini seolah menyimpan kutukan bagi siapapun yang pernah bersentuhan dengannya.

Hal ini bermula 7 hari sebelum James Dean membeli mobil Porsche 550 Spyder dari dealer terkenal yang biasa memodifikasi mobil untuk bintang Hollywood, George Barris.

Dean meminta agar Porsche miliknya ini dimodifikasi dengan tambahan motif tartan pada bagian kursi, penambahan nomor 130, garis strip merah pada fender belakang dan julukan "Little Bastard" pada bagian kap mesin.

Dikutip dari Drivetribe, Selasa (3/3/2020) Dean menjajal mobil barunya itu, dan berkeliling di sekitar Los Angeles. Di perjalanan, ia bertemu aktor Alec Guiness.

Dean menunjukkan mobil barunya kepada aktor asal Inggris ini. Namun Alec melihat aura yang aneh pada "little bastard". Dalam catatan buku hariannya, Alec menulis Porsche 550 Spyder itu digambarkan mobil yang menakutkan, lelah, kelaparan, dan mudah marah.

"Tolong jangan pernah masuk ke dalam mobil itu lagi, minggu depan kamu akan terbunuh jika hal ini dilakukan," ujar Alec saat Dean menunjukkan mobilnya.

Dean hanya tertawa mendengar itu.

Sekilas tentang siapa James Dean. Dia adalah aktor AS lewat film 'Rebel Without a Cause' pada tahun 1955.

Sebulan sebelum film tersebut rilis, Dean tewas karena kecelakaan mobil. Dia meninggal dunia di usia 24 tahun.

Dean mengalami kecelakaan satu minggu usai bertemu Alec Guiness, tepatnya pada tanggal 30 September 1955.

Saat itu Dean dan Rolf W├╝therich seorang trainer mekanik Porsche mempersiapkan "The Little Bastard" untuk balapan akhir pekan di Salinas Road Race.

Mobil bisa saja dibawa menggunakan trailer dan mulai dikendarai saat di lokasi balap. Namun Dean memilih untuk mengedarai langsung demi mengetahui karakter mobil.

Dua jam setelah mereka berangkat 15.30 waktu setempat, Dean mendapat surat tilang karena melanggar kecepatan.

Setelah berhenti untuk beristirahat, Dean dan W├╝therich melanjutkan perjalanan pada pukul 17.15 sore.

30 menit kemudian saat berada di persimpangan, aktor berusia 24 tahun tersebut adu banteng dengan sedan Fod Tudor Coupe yang dikendarai oleh Donald Turnupseed. Dean dinyatakan meninggal dunia di rumah sakit pada pukul 17.45 di Cholame, California. Saat terjadinya tabrakan Dean berada di kecepatan sekitar 136 km/jam.

Cerita kutukan mobil Porsche ini tak berhenti di situ.

George Barris kembali memboyong mobil tersebut ke workshopnya seharga USD 2.500. Saat diturunkan, mobil meluncur dari trailer dan mematahkan kaki salah seorang mekanik.

Barris kemudian menjual drivetrain dan mesinnya kepada pembalap mobil Troy McHenry dan William Eschrid.

Komponen "The Little Bastard" ini digunakan pada masing-masing mobil mereka sendiri, dan saling berpacu dalam lintasan.

Setelah beberapa putaran, McHenry kehilangan kendali atas mobilnya dan menabrak pohon; dan membunuhnya seketika.

Sedangkan Eschrid mengalami roda terkunci secara mendadak, mobilnya berguling beberapa kali. Dia tidak mati, tetapi terluka cukup parah.

Barris masih menyimpan dua ban dari Porsche 550 Spyder, yang tidak tersentuh sejak kematian Dean. Dia menjual ban ke beberapa pemilik Porsche, dan anehnya kedua ban meledak pada saat bersamaan.

Di garasi Barris, sisa-sisa "The Little Bastard" masih beristirahat dengan tenang. Ia pun hendak menyembunyikannya usai terjadi kejadian aneh yang berkaitan dengan mobil ini.

Porsche yang memiliki nama panggilan Porsche yang memiliki nama panggilan "The Little Bastard" Foto: bestride

California Highway Patrol meyakinkannya untuk meminjam sisa-sisa Porsche 550 Spyder kepada mereka untuk mempromosikan keselamatan jalan raya.

Diizinkan, tetapi saat pameran pertama, garasi pameran tempat 550 ditampilkan terbakar. Seluruh garasi terbakar, tetapi entah bagaimana mobil itu tetap tidak tersentuh.

Pameran berikutnya, di sebuah sekolah menengah setempat, "The Little Bastard" jatuh dari pajangan, mendarat pada seorang siswa dan mematahkan pinggulnya.

Kejadian aneh lainnya, mobil itu diletakkan di atas sebuah truk bak terbuka untuk diangkut ke Salinas. Sopir kehilangan kendali dan truk terbalik. Sopirnya terlempar keluar dari truk, dan terbunuh seketika ketika 550 Spyder mendarat di atasnya.

Peristiwa aneh terus berlanjut hingga 1960, bangkai mobil Porsche ini terakhir kali dipinjamkan ke Miami. Ini adalah pameran terakhir setelah mobil itu dimasukkan ke dalam trailer untuk dikirim kembali ke garasi Barris di Los Angeles.

Namun saat hendak dikirim kembali ke garasi Barris di Los Angeles. Keduanya, 550 Spyder dan truk yang mengangkut, lenyap dan tidak pernah terlihat lagi.

(riar/din)