Kamis, 28 Nov 2019 18:31 WIB

Unik, Angkutan Kota di Balikpapan Disebut Taksi

M Luthfi Andika - detikOto
Foto: Luthfi Anshori/detikOto Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Balikpapan - Angkutan kota (angkot) jadi salah satu transportasi umum yang ada di kota-kota besar di Indonesia, tak terkecuali Kota Balikpapan yang berada di Provinsi Kalimantan Timur. Namun tahukah Anda jika di kota pesisir ini angkot memiliki nama panggilan yang unik?

Ya, angkutan kota di Balikpapan dipanggil dengan sebutan taksi. Padahal seperti diketahui, istilah taksi di Pulau Jawa merujuk pada jenis transportasi yang lebih personal dan biasanya menggunakan mobil jenis sedan. Lalu mengapa angkot di Balikpapan disebut taksi?



"Jadi dulu itu angkot di Balikpapan tempat duduknya dari kayu semua. Jadi mirip jamban, dulu itu disebut taksi jamban," kata warga lokal Balikpapan, Zulkifli, membuka pembicaraan.



Lanjut Zulkifli, hingga kini pun angkot di Balikpapan disebut taksi. Namun tanpa embel-embel nama 'jamban'di belakangnya. Selain penyebutan, yang membedakan angkot di Balikpapan dan angkot di Pulau Jawa ada di konfigurasi tempat duduknya. Kalau angkot di Pulau Jawa biasanya menggunakan tempat duduk yang posisinya menyamping. Sedangkan angkot di Balikpapan punya tempar duduk menghadap depan.

Taksi di BalikpapanTaksi di Balikpapan Foto: Luthfi Anshori/detikOto


Lalu kalau angkot biasa dipanggil taksi gimana dengan panggilan taksi sesungguhnya.

"Kalau taksi panggilannya taksi argo. Dan taksi online panggilannya grab," jelas Zulfikar.

Simak Video "Mimpi Erdogan Terealisasi, Turki Kini Miliki Mobil Listrik Nasional"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com