Selasa, 26 Nov 2019 10:33 WIB

Laporan dari Shanghai

Berkendara di China, Orang Asing Harus Punya SIM Lokal

Ridwan Arifin - detikOto
Jalanan Kota Shanghai, China. Foto: Ridwan Arifin
Shanghai - International Driving Permitt (IDP) atau SIM Internasional menjadi syarat bagi pengendara yang ingin nyetir di negara lain. Namun, SIM internasional tidak sepenuhnya berlaku di China.

"Anda tidak bisa berada di belakang kemudi di China tanpa SIM China. Izin mengemudi internasional atau SIM asing tidak diakui di sini," ujar Susi salah satu warga China yang ditemui detikcom di Shanghai, China.



Lebih lanjut diungkapkan sejak September 2019, pemerintah China sudah melakukan serangkaian kebijakan dengan menyederhanakan prosedur mendapatkan izin mengemudi sementara bagi warga negara asing.

Untuk mendapatkan SIM ada dua kategori, yakni orang asing yang mengajukan SIM China yang sudah memiliki SIM di negara asal, dan orang asing yang mengajukan SIM China yang tidak memiliki SIM luar negeri.



Bagi yang sudah memiliki SIM hanya untuk mobil di negara asal tidak perlu lagi mengikuti serangkaian tes praktik.

Ujian tertulis dapat dilakukan dalam bahasa Inggris atau Mandarin. Meskipun demikian, di beberapa kota kecil, dipaksa melakukannya dalam bahasa Mandarin. "Boleh bawa penerjemah kok," katanya.

"Anda dapat mengajukan izin mengemudi sementara (hanya untuk mobil), dokumen yang dibutuhkan hanyalah paspor dan SIM luar negeri Anda dengan terjemahan bahasa Mandarin yang disahkan," ujar Susi.

Simak Video "Polri Masih Tutup Pelayanan SIM-STNK Sampai 29 Juni"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com