Rabu, 30 Okt 2019 20:43 WIB

Laporan dari Jepang

Terowongan Menembus Gunung Bikin Perjalanan Lebih Cepat

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Terowongan menembus gunung di Jepang. Foto: Rangga Rahadiansyah Terowongan menembus gunung di Jepang. Foto: Rangga Rahadiansyah
Osaka - Jalanan di Jepang terbilang rapi. Pengendara di Jepang seakan tak sia-sia membayar pajak karena mendapat fasilitas yang memanjakan.

Beberapa jalan tol di Jepang bahkan sampai menembus gunung. Jalan yang menembus gunung itu bisa menghemat waktu tempuh perjalanan. Salah satunya ada di jalan tol yang menyambungkan Osaka dengan kota Nara.



Di sana ada Terowongan Hanna. Panjangnya hampir 6 km, angka pastinya berdasarkan angka di papan informasi terowongan ini punya panjang 5.580 m. Terowongan itu menembus gunung. Untuk melewati gunung yang membatasi Osaka dengan Nara, tak butuh waktu lama, hanya hitungan menit berkat terowongan ini. Di jalan tol itu ada juga terowongan yang lebih pendek, namanya Terowongan Muronoki yang panjangnya hanya 495 meter.

Terowongan Menembus Gunung Bikin Perjalanan Lebih CepatFoto: Rangga Rahadiansyah


"Inilah orang Jepang membayar pajak untuk dibangun (fasilitas seperti) ini," kata Andre, local tour guide dalam perjalanan Daihatsu Jurnalis Tokyo Motor Show 2019 Trip 22-27 Oktober 2019.

Andre yang merupakan warga Malaysia yang sudah 25 tahun tinggal di Jepang menyebut, tanpa terowongan ini mungkin perjalanan lebih lama kalau jalanan dibuat menanjak, menikung, dan menurun melintasi pegunungan.


Terowongan Menembus Gunung Bikin Perjalanan Lebih CepatFoto: Rangga Rahadiansyah


"Kalau nggak dibikin terowongan, buat jalan naik-naik gunung itu jauh lho. Harus berliku-liku naik gunung, turun pun berliku-liku. Itu makan waktu, bisa 1 jam. Ini dengan terowongan menembus gunung tidak sampai 10 menit," kata Andre.

Di dalam terowongan panjang ini, pengendara harus menyalakan lampu besar. Kecepatan maksimalnya dibatasi hanya 60 km/jam.

"Di sebelah kiri ada telepon dan emergency exit. Jadi kalau ada kecelakaan di dalam terowongan bisa hubungi emergency. Dan kalau terjadi apa-apa bisa langsung keluar dari terowongan. Ini tahan gempa," kata Andre.

Simak Video "Struktur Terowongan Tol Desari Ambruk, 5 Pekerja Terluka"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com