Jumat, 04 Okt 2019 21:03 WIB

Di Negara Tetangga, Lelang Pelat Nomor Cantik Tembus Miliaran Rupiah

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi Foto: Pelat Nomor (Trio Hamdani - detikFinance) Ilustrasi Foto: Pelat Nomor (Trio Hamdani - detikFinance)
Jakarta - Pelat nomor cantik atau angka favorit mungkin menjadi penting bagi sebagian kalangan. Tak jarang untuk mendapatkannya perlu mengocek kantong lebih dalam.

Seperti yang terjadi di Malaysia, mengutip dari Paultan.Org, Jumat (4/10/2019) disebutkan Departemen Transportasi Darat menyediakan lelang pelat nomor online di JPJebid. Dengan sistem tersebut membuat peminat bisa menawar harga pelat nomor cantik yang sudah tersedia.



Menurut Deputi Direktur Lisensi Transportasi Darat Malaysia, Mohd Hafiz Shamsani, terdapat 21 pelat nomor yang dilelang, total penawaran saat ini sebesar RM 3,38 juta ringgit (atau sekitar Rp 11,45 miliar) untuk seri ALL di wilayah Perak.

"Penawaran lelang elektronik membuat tranparansi dari pendaftaran sampai pembayaran," kata Mohd Hafiz seperti dilaporkan Bernama.



Untuk wilayah lainnya seperi di wilayah Trengganu, pelelangan untuk seri pelat nomor juga banyak diminati orang kaya di Malaysia. Direktur Departemen Transportasi Darat Malaysia, Zulkarnain Yasin, mengatakan penawaran ini berlangsung pada 3-11 Oktober 2019, bahkan saat ini penawaran tertinggi sudah tembus Rp 7 miliar.

"Sejauh ini, nomor registrasi kendaraan seri TTB ditawar paling tinggi di wilayah Trengganu (total) dengan nilai RM 2.088.616 (sekitar Rp 7 miliar), untuk TTB 1 di angka RM 264.000 (Rp 893 juta), di tempat kedua untuk TAY 1 RM 242.000 (819 juta), kemudian terakhir TBT TM 240.000 (Rp 813 juta)," kata Zulkarnain.

Simak Video "Jurus Ilegal Anti Tilang Ganjil Genap"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com