Senin, 26 Agu 2019 17:30 WIB

Melihat Jalanan Singapura yang Bebas Macet di Hari Senin

Luthfi Anshori - detikOto
Jalanan Singapura di Hari Senin Foto: Luthfi Anshori
Singapura - Singapura dikenal sebagai negara dengan kondisi jalan raya yang bersih dan bebas dari momok menakutkan bernama 'kemacetan'. Tapi, apakah negara tetangga ini memang benar-benar bebas dari macet? Terutama di hari Senin, di mana warga biasanya banyak beraktivitas?

detikcom langsung melihat sendiri kondisi jalanan di Singapura pada hari Senin (26/8/2019). detikcom menuju Bandar Udara Changi pukul 10.00 waktu Singapura.



Selama perjalanan yang ditempuh memakai mobil pribadi ini, detikcom merasakan, begitu lancarnya lalu lintas di jalanan Singapura. Ruas jalan di Singapura sendiri sebenarnya tidak terlalu lebar, bahkan bisa dikatakan cenderung sempit, terutama di daerah Bedok.

Meski demikian, arus lalu lintas tetap lancar. Tidak ada kepadatan berarti, di satu titik. Sebagian besar pengguna jalan raya adalah pengguna mobil pribadi dan kendaraan niaga. Sulit menemui pengguna motor pribadi di sini, kalaupun ada motor tersebut kebanyakan untuk kendaraan operasional jasa antar, seperti GrabFood.

Dijelaskan warga lokal, bernama Yunos bin Saimbran, situasi jalan raya di Singapura memang seperti itu setiap harinya.

"Kalau ada macet, biasanya pagi dan sore hari. Itu pun paling (kondisi macetnya-Red) dua jam. Selebih itu, kondisinya ya macam gini saja, sepi," terang Yunos.

Singapura biasanya mengalami kemacetan cukup parah saat balapan Formula 1 digelar. Soalnya banyak jalanan yang ditutup, jadi kendaraan harus memutar lebih jauh.

Di Singapura sendiri, populasi mobil bisa dikatakan tidak terlalu banyak. Sebab usia mobil di sini dibatasi sampai 10 tahun. Kendati bisa diperpanjang hingga maksimal 20 tahun lagi, pemerintah Singapura menerapkan pajak yang besar untuk setiap perpanjangan Certificate of Entitlement (CEO).

Dengan dibatasinya mobil pribadi, membuat udara kota Singapura bersih dan jalanannya bebas dari macet. Selain itu, kondisi jalan di Singapura juga tampak asri dengan banyaknya pepohonan di pinggir jalan. Makin apik, karena juga tak banyak sampah visual seperti banner atau spanduk di pinggir jalan.

Simak Video "Mencontoh Singapura yang Sigap Pandemi Sejak Epidemi SARS"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com