Jumat, 09 Agu 2019 16:31 WIB

Ada yang Rela Bayar Pelat Nomor Hampir Rp 5 Miliar

Ridwan Arifin - detikOto
Pelat nomor Rp 5 Miliar Foto: Pool (New Zing) Pelat nomor Rp 5 Miliar Foto: Pool (New Zing)
Jakarta - Nomor cantik memang menjadi spesial bagi sebagian orang, apalagi untuk mereka yang memiliki kocek lebih. Belum lama ini, seorang pengusaha yang sudah pensiun membeli pelat nomor sesuai dengan inisal namanya dengan banderol hampir Rp 5 miliar.

Di Indonesia memang untuk memodifikasi pelat nomor kendaraan tidak perlu mencapai banderol miliaran. Namun uniknya di Inggris, cara unik untuk mendapatkan kombinasi huruf dan angka bisa melalui pelelangan, nomor eksklusif tersebut dilelang di Cardiffm Wales.



Mengutip dari Zing.vn, pelat nomor itu rela dibayar sekitar USD 356 ribu atau hampir Rp 5 miliar. Bukan tanpa sebab, nomor tersebut menyerupai inisial sang pembeli yakni "IG-1".

Yap Ian Guest merasa takjub dapat membeli pelat nomor dengan harga miliaran tersebut. Sebelumnya ia mengatakan harga yang ia tawarkan lebih rendah dari izin sang istri.

Pelat nomor Rp 5 miliarPelat nomor Rp 5 miliar Foto: Pool (New Zing)


"Ketika harganya naik menjadi USD 123 ribu, istri saya merasa baik-baik saja, jika saya membayar dikisaran USD 297 ribu dan USD 321 ribu," kata Ian.

"Dalam pikiran saya, paling maksimal hanya tidak lebih dari USD 495 ribu," ujar Ian.



"IG-1" merupakan salah satu dari tiga pelat nomor termahal di Inggris. Sebelumnya pelat nomor "25-O" dilelang dengan harga mencapai USD 495 ribu di tahun 2014. Sementara satu dekade yang lalu, pelat nomor "1-D" laku diharga USD 353 ribu.

British Motor Vehicle Licensing Authority (DVLA) mengatakan semua pelat nomor sudah terjual habis. Hal ini juga menandakan bahwa para kolektor di Inggris mulai lebih tertarik dengan pelat nomor. Rencananya, DVLA juga akan kembali menggelar lelang pelat nomor pada 18-20 September 2019 dengan harapan bisa mencetak rekor harga baru yang lebih tinggi.

Simak Video "Tung, Truntung, Tung! Komunitas Mobil Truntung Resmi Berdiri"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com