Kamis, 11 Jul 2019 20:09 WIB

Ngeri Banget! Mobil Terjebak Jalanan Longsor dan Hampir Jatuh

Dina Rayanti - detikOto
Mobil terjebak di jalanan longsor. Foto: Autoindustriya Mobil terjebak di jalanan longsor. Foto: Autoindustriya
Bakun - Memasuki musim hujan, kerap ditemui jalanan rusak dan rawan longsor di kawasan pegunungan. Tak terkecuali di Filipina. Musim hujan yang tengah melanda Filipina, membuat banyak jalanan di sana longsor sehingga sulit untuk dilintasi.

Diberitakan Autoindustriya, Kamis (11/7/2019), kondisi longsor pun terkadang cukup parah sehingga membuat akses jalan terputus. Seperti yang terjadi di kawasan Bakun National Road. Jalanan di kawasan itu terpaksa ditutup karena akses jalan tertutup bahkan ada sebuah mobil yang terjebak di tengah-tengah jalan.


Masyarakat sekitar pun diminta untuk mencari alternatif jalan lain. Melihat kerusakan cukup parah sepertinya membutuhkan waktu bagi otoritas setempat memperbaiki jalan hingga akhirnya bisa kembali digunakan oleh publik. Hampir separuh jalan terputus dan mobil yang terjebak pun hampir ikutan jatuh ke dalam longsoran.

Jika detikers mengalami kejadian serupa disarankan untuk tidak panik. Pengemudi haruslah tetap dalam kondisi tenang. Kondisi panik membuat pengendara tak bisa berpikir sensitif. Pintu dan kaca mobil sebaiknya dalam kondisi tertutup untuk mencegah tanah-tanah longsoran masuk ke dalam mobil.

Ada baiknya juga untuk menyiapkan beberapa peralatan yang sekiranya dapat digunakan untuk keadaan darurat seperti kotak P3K, makanan ringan, senter, minuman, charger hp, lap mobil, hingga kabel jumper.


Bergeraklah dengan cepat untuk menyelamatkan diri. Jika memang benar-benar terjebak di tengah longsoran sebaiknya menunggu bantuan datang dengan segera. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com