Senin, 28 Jan 2019 10:32 WIB

Bahaya! Ini Jadinya kalau Mobil Tanpa Shock Breaker Normal

Rizki Pratama - detikOto
Mobil Tanpa Shock Breaker. Foto: Master Milo
Jakarta - Setiap komponen mobil sudah diciptakan untuk menghasilkan performa, keamanan, dan kenyamanan dalam berkendara. Menghilangkan salah satu part penting dari mobil tentu akan menurunkan aspek-aspek penting tersebut sehingga dapat menimbulkan banyak kerugian.

Salah satu komponen penting dalam mobil adalah shock breaker yang membantu mobil tetap tenang sehingga mudah dikendalikan di medan tertentu dan tentunya berpengaruh pada kenyamanan. Youtuber Master Milo kembali melakukan sebuah eksperimen berbahaya yang mengingatkan para pengemudi pentingnya merawat mobil.



Mobil yang menjadi bahan percobaan kali ini adalah generasi pertama Ford Focus. Mobil akan dikendarai tanpa peredam guncangan alias shock breaker. Shock absorber pada mobil ini tidak dilepas melainkan dibocorkan sehingga tidak ada oli di dalam. Kekeringan ini akan menyebabkan logam-logam tersebut berbenturan langsung tanpa memberikan kekuatan peredaman sama sekali.

Setelah dipersiapkan mobil ini tentunya langsung dicoba di jalanan. Hasilnya, mobil ini melompat-lompat tidak karuan saat dikendarai. Terlebih lagi ketika melewati gundukan yang membuatnya semakin sulit untuk dikendalikan.



Pada akhirnya suspensi depan patah dan rusak karena tidak kuat menahan beban dan meredam guncangan. Meskipun demikian hal tersebut masih bisa diperbaiki dan dapat digunakan kembali.

Dalam video ini terlihat secara perlahan kebocoran pada shock breaker mengurangi keefektifannya tanpa disadari oleh pengemudi. Namun jika mobil berada pada jalan mulus dan tiba-tiba melewati medan yang sulit tentu akan memberikan dampak yang sangat berbahaya bagi pengemudi. (rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com