Selasa, 26 Jun 2018 11:27 WIB

Laporan dari Jepang

Jepang, Negara Maju Pencinta Mobil Kecil

Dina Rayanti - detikOto
Kei car di Jepang Foto: Dina Rayanti Kei car di Jepang Foto: Dina Rayanti
Sapporo - Jepang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya dalam memproduksi mobil. Sudah banyak merek-merek ternama tercipta dari Negeri Sakura itu. Sebut saja Toyota, Honda, Suzuki, Nissan, dan berbagai mereka lain muncul dari sana.

Orang Jepang sendiri pun bangga memakai produk-produk lokalnya. Saat detikOto berkunjung ke sana, jarang sekali melihat mobil buatan Eropa atau Amerika berlalu-lalang. Baik mobil penumpang, taksi, bus, hingga truk sekalipun semuanya bermerek Jepang.



Uniknya, walaupun bisa membuat mobil super sekalipun, orang Jepang justru lebih menggemari mobil berukuran mungil yang disebut mobil kei atau kei car. Di jalan hingga di parkiran lebih banyak mobil mungil atau kei car terlihat.

Mobil-mobil SUV bongsor jarang di sana terlihat. Paling hanya SUV atau crossover berkapasitas lima penumpang atau paling besar mungkin Toyota Alphard dan Vellfire.



Kalau melihat secara desain mobil memang tampak boxy alias kotak ciri khas mobil-mobil Jepang. Bagi orang Indonesia, mungkin desain tersebut kurang menarik karena terlihat jadul. Di Tanah Air pun mobil berdesain kotak sudah mulai ditinggalkan.



Orang RI cukup menyukai mobil dengan desain futuristik seperti lampu menyipit dan desain bodi dengan gaya aerodinamis tinggi. Produsen mobil Jepang pun sudah sering memperkenalkan kei car di Indonesia lewat berbagai pameran.

Sayang mobil itu kurang diminati karena kapasitas mesinnya tergolong kecil, 600 cc saja biasanya kalau untuk ukuran kei car.

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya