Senin, 29 Sep 2014 18:54 WIB

Jaguar Ini Kembali Ke Pemilik Setelah 46 Tahun Hilang

- detikOto
Jakarta -

Hati Ivan Schneider bungah tak terkira saat mobil Jaguar XKE Convertible yang diidamkannya benar-benar terbeli. Kala itu, Scheneider yang berusia 36 tahun, adalah seorang pengacara yang tengah naik daun di New York.

Seiring dengan karirnya yang terus bersinar, dia membeli mobil yang sedang banyak dibicarakan orang. Dia membeli Jaguar XKE dengan harga US$ 5.000, setelah memenangkan kasus besar yang ditanganinya.

Namun, mobil kesayangan itu hanya satu tahun menemaninya kemana dia pergi. Pasalnya, pada suatu malam Maret 1968, saat mobil itu diparkir di area parkir apartemennya di Manhattan, tiba-tiba lenyap digondol maling.

"Aku mendengar suara mencurigakan. Seketika itu juga akan berlari turun tangga dan ternyata, dia (Jaguar XKE miliknya) telah hilang," tuturnya seperti dilansir laman CNN, Senin (29/09/2014).

Schneider tak pasrah begitu saja. Dia terus berusaha mencarinya. Dia menyusuri Madison Avenue. Ternyata, dia tak menemukan mobil kesyangannya. Begitu pun di saat dia mencarinya di 5th Avenue, tak ada tanda-tanda jejak mobilnya. "Aku benar-benar sangat terpukul," ucapnya.

Dia pun berusaha mengikhlaskannya. Dalam benaknya, barangkali mobil itu bukanlah jodohnya. Sejak itu dia benar-benar pasrah dan mencari kesibukkan agar lupa akan pengalaman pahit itu.

Bahkan, ia telah beberapa kali membeli mobil, salah satunya sebuah Corvette. "Aku telah membeli beberapa mobil besar, namun bagiku tidak ada yang lebih canti darinya (Jaguar XKE)," kata dia.

Namun, keberuntungan ternyata masih berpihak kepadanya. Meski telah hampior setengah abad, mobil itu ditemukan kembali. Ceritnya, bulan lalu, ketika petugas Bea dan Cukai melakukan operasi di perbatasan telah menangkap sebuah iring-iringan container yang menuju pelabu di perbatasan Los Angeles dengan Long Beach, California. Saat diperiksa, di dalamnya ditemukan Jaguar XKE 1967 bersama beberapa mobil yang diduga juga hasil curian.

Setelah diperiksa, mobil itu memiliki identitas yang sama dengan mobil Schneider yang dilaporkan dicuri pada 46 tahun lalu. Kabarnmya, mobil itu akan dibawa ke Belanda.

Singkat cerita, para petugas memberitahunya. Schneider yang kini berusia 82 tahun, girang bukan kepalang. Pria yang tinggal di Miami Beach, Florida, itu tak sabar melihat mobil dua pintu bercat abu-abu – yang kini catnya telah memudar menjadi keputihan – tersebut.

"Awalnya, aku mengira mereka (petugas) hanya bercanda. Maklum sudah hilang 45 tahun. Setelah aku menemui mereka, ternyata sama sekali tidak (bercanda). Aku sangat senang," paparnya.

Kini, kondisi mobil itu, selain cat yang memudar juga berkarat. Kilaunya telah memudar. Tapi Schneider, itu semua tak jadi soal. Beberapa pihak menaksir, kini harga mobil itu mencapai US$ 23.000 bahkan kalau dipulihkan kondisinya bisa mencapai US$ 100.000.

Kakek yang masih hobi menyetir itu mengaku akan memulihkan kondisi mobil kesayangannya itu, meski harus merogoh kocek US$ 50.000 – 75.000.

Kini dia tak sabatr untuk segera bertemu dengan mobilnya. Dia sudah gatal untuk menyetirnya. "Aku akan mengemudikannya selama sejam setiap pekan. Aku memang punya beberapa mobil, tetapi yang satu ini istimewa,"ucapnya.

(arf/arf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com