Apa Beda Ujian SIM C dan SIM C1 atau SIM C2?

ADVERTISEMENT

Apa Beda Ujian SIM C dan SIM C1 atau SIM C2?

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 25 Jan 2023 07:01 WIB
Ujian Praktik SIM C di Sidoarjo Pakai Sensor Ultrasonic
Ilustrasi ujian SIM C Foto: Suparno Nodhor
Jakarta -

Surat izin Mengemudi khusus sepeda motor akan terbagi dalam 3 golongan, yakni SIM C, SIM C1 dan SIM C2. Jika selama ini kita sudah terbiasa melakukan ujian SIM C yang cuma satu jenis saja, bagaimana dengan ujian SIM C, SIm C1 dan SIM C2. Apa bedanya?

Hingga saat ini Korlantas memang belum membeberkan bakal seperti apa perbedaan ujian SIM C, C1 dan SIM C2. Hal ini pun diakui oleh Kasat Lantas Polres Cirebon Kota (Ciko), AKP Triyono kepada detikOto.

"Sampai saat ini kami belum ada proses untuk SIM C1, karena masih menunggu jukrah (perunjuk dan arah) dari Korlantas maupun dari Dirlantas Polda Jabar. Makanya kami saat ini belum berani memberikan statement, karena belum ada jukrah nya, nanti klo sudah ada Jukrah-nya baru kami sampaikan lagi," kata Triyono.

Lalu kapan Jukrah mengenai arahan untuk uji SIM C1 dan C2 diedarkan? "Belum ada," Triyono menambahkan.

Dalam pemberitaan detikOto sebelumnya, saat ini Korlantas Polri tengah menyiapkan ujian untuk pembuatan SIM C1. Motor gede (moge) untuk ujian SIM C1 sudah disiapkan.

Menteri Sosial terus berusaha meningkatkan kesejahteraan warga miskin. Salah satu caranya dengan memfasilitasi SIM C dan KTP gratis bagi warga Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (31/3/2016).Menteri Sosial terus berusaha meningkatkan kesejahteraan warga miskin. Salah satu caranya dengan memfasilitasi SIM C dan KTP gratis bagi warga Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (31/3/2016). Foto: Rachman Haryanto

"Sampai dengan saat ini korlantas polri masih mempersiapkan dan mengkaji kebijakan tersebut," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol. Nurul Azizah dalam konferensi pers.

Menurut Nurul, ada 132 unit sepeda motor yang telah disiapkan Korlantas Polri untuk ujian praktik SIM C1. Untuk sementara, ujian SIM C1 ditempatkan di satuan penyelenggara administrasi SIM (Satpas) prioritas.

"Terdapat 132 unit kendaraan roda dua yang akan digunakan sebagai kendaraan untuk ujian SIM C1 yg akan ditempatkan di satuan penyelenggara administrasi SIM atau Satpas-Satpas prioritas. Di antaranya Polres Cirebon Kota sebagai salah satu Satpas Prototype," ucapnya.

Nurul menjelaskan, nantinya SIM C akan terdiri dari tiga golongan. Di antaranya SIM C untuk sepeda motor maksimal 250 cc, SIM C1 untuk mesin motor 250 sampai dengan 500 cc, dan SIM C2 untuk mesin motor di atas 500 cc.



Simak Video "Korlantas: Syarat Bikin SIM C1 Harus Punya Sim C Selama Setahun"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT