Awalnya Cuma Ada 5, PO Haryanto Sekarang Punya 250 Unit Bus!

ADVERTISEMENT

Awalnya Cuma Ada 5, PO Haryanto Sekarang Punya 250 Unit Bus!

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 24 Jan 2023 08:44 WIB
Bus Baru PO Haryanto
PO Haryanto. (Foto: Instagram Karoseri Piala Mas)
Jakarta -

PO Haryanto merupakan salah satu perusahaan otobus terbesar di Jawa Tengah. Pada awalnya, PO asal Kudus ini dirintis dengan 5 unit armada bus. Kini, perusahaan milik Haji Haryanto itu sudah memiliki sekitar 250 unit bus.

Sebagai informasi, PO Haryanto didirikan pada tahun 2002. Sang pemilik yang merupakan prajurit TNI, Haji Haryanto, awalnya memiliki usaha angkot. Namun kemudian dikembangkan untuk transportasi AKAP (Antar Kota Antar Provinsi). Haji Haryanto menjual semua angkotnya dan hasilnya dibelikan 5 unit bus trayek Cikarang-Tangerang.

Perjalanan membangun perusahaan bus AKAP tidak mudah. Nyatanya, Haji Haryanto sempat merasakan kegagalan.

"Tapi itu gagal, karena memang tidak sesuai dengan tujuan saya. Alhamdulillah, setelah gagal, saya membangun lagi 2004 saya pindah rute (ke) Jawa Tengah," terangnya saat ditemui detikOto di Kudus, Jawa Tengah (4/1/2023).

Pemilik PO Haryanto, Haji Haryanto mengecek bus di garasinya, Sabtu (7/1/2023)Pemilik PO Haryanto, Haji Haryanto Foto: Dian Utoro Aji/detikJateng

Selepas berpindah rute Jakarta-Kudus, Jakarta-Pati, Jakarta-Jepara, Haji Haryanto mengatakan busnya selalu penuh dan menjadi salah satu pilihan utama pelanggan di trayek tersebut. Jumlah armada PO Haryanto pun berkembang jadi ratusan unit.

"Saya beli ada 11, 2004 saya bangun lagi eksekutif, kemudian bangun-bangun-bangun, sampai jadi 31 unit tahun 2007. Kemudian 2015 Alhamdulillah, bus kita sudah hampir 100 unit," sambung Haji Haryanto.

Lanjut Haji Haryanto menjelaskan, pada 2007 usahanya sempat terdampak kenaikan harga BBM. Namun dia tidak pantang menyerah, sehingga usahanya terus berkembang hingga saat ini.

"Saya harus yakin, nggak ada orang yang berhasil tanpa diuji. Jadi jangan ragu, saya selalu memohon kepada Allah (SWT). Setelah saya kolaps, saya mendapat pertolongan," lanjutnya.

"Alhamdulillah kita terus bisa berkembang. Tahun 2022 ini InsyaAllah ada 250 unit lebih (AKAP 200-an unit, sisanya pariwisata) ya, sama di karoseri masih ada yang belum tak ambil, itu ada sekitar 30-an unit," tambah Haji Haryanto.

Seiring berjalannya waktu, bisnis Haji Haryanto pun berkembang. Tak hanya transportasi bus, tapi juga merambah ke usaha SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) dan rumah makan.



Simak Video "EKSKLUSIF! Pak Haji Haryanto Buka Suara Soal Rian Mahendra"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT