Bukan seperti Jus Jeruk, Begini Warna Asli Pertalite

ADVERTISEMENT

Bukan seperti Jus Jeruk, Begini Warna Asli Pertalite

Dina Rayanti - detikOto
Kamis, 05 Jan 2023 19:46 WIB
Begini Uji Kualitas BBM Pertamina dari Terminal hingga SPBU
Warna asli Pertalite hijau dan jernih. Foto: Dok. Pertamina
Jakarta -

Warna Pertalite kembali diperbincangkan usai sebuah video di SPBU Rengasdengklok viral di sosial media. Dalam video yang diunggah akun info_krw tersebut, terlihat BBM yang disebut Pertalite di dalam botol kemasan bening justru berwarna kuning. Warna kuning itu dinarasikan mirip dengan jus jeruk.

Usut punya usut, BBM itu benar Pertalite namun tercampur dengan rembesan air. Area Manager Communcation, Relation & CSR Regional Jawa Bagian Barat Pertamina Patra Niaga Eko Kristiawan mengatakan merembesnya air ke tangki BBM itu disebabkan oleh derasnya air hujan yang turun di lokasi sekitar.

"Berawal dari seorang pengendara sepeda motor datang ke SPBU menyampaikan keluhan karena mesin sepeda motornya tidak dapat dinyalakan setelah melakukan pengisian Pertalite. Konsumen tersebut menguji kondisi motornya dengan mengambil sampel BBM yang masuk ke tangki motor dan benar tercampur dengan air. Kondisi ini dibenarkan oleh mekanik yang sengaja didatangkan pihak SPBU untuk melakukan pengecekan," jelas Eko saat dihubungi detikOto, Kamis (5/1/2023).

Di luar insiden tersebut, dalam pengujian mutu dan kualitas Pertalite yang dilakukan Lemigas belum lama ini, Pertalite memiliki penampilan visual jernih dan terang dan warna hijau. Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Tutuka Ariadji pada Oktober lalu mengatakan, Lemigas telah menguji 19 parameter untuk membuktikan kualitas Pertalite.

Sebanyak 19 parameter yang dimaksud Tutuka adalah angka oktana, stabilitas oksidasi, kandungan sulfur, sulfur merkaptan, kandungan timbal, kandungan logam, kandungan oksigen, kandungan olefin, kandungan aromatik, kandungan benzene, distilasi, sedimen, unwashed gum, washed gum, tekanan uap, berat jenis pada 15 derajat celcius, korosi bilah tembaga, penampilan visual, dan warna.

Dari hasil pengujian tersebut, terlihat Pertalite di keenam SPBU memenuhi batasan mutu yang ditetapkan. Angka oktan di SPBU Abdul Muis 90,5, di Sunter 90,1, di S.Parman 90,2 di Lenteng Agung 90,6, Taman Mini masing-masing 90,7, dan 90,6. Warnanya pun sama yakni hijau dengan penampilan jernih dan terang. Kandungan sulfur pun masih di bawah ambang batas maksimal yang ditetapkan.

Meski demikian, pemerintah bakal terus memantau soal mutu dari Pertalite agar tetap sesuai spesifikasi yang ditentukan.



Simak Video "Jangan Salahkan Pertalite, Mungkin Ini yang Bikin Kendaraan Jadi Lebih Boros!"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT