Profil Sirkuit Vietnam: Gagal Gelar Formula 1, Sekarang Mangkrak Gegara Korupsi

ADVERTISEMENT

Profil Sirkuit Vietnam: Gagal Gelar Formula 1, Sekarang Mangkrak Gegara Korupsi

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 26 Des 2022 17:51 WIB
Sirkuit Hanoi Vietnam
Videografis Sirkuit Hanoi Vietnam. Foto: Tangakapan layar YouTube Formula 1
Jakarta -

Vietnam pernah hampir menggelar balap mobil Formula 1 pada tahun 2020 silam. Tapi rencana itu kemudian gagal karena pandemi virus Corona (Covid-19) yang juga diikuti kasus korupsi pejabat terkait. Padahal Sirkuit Hanoi Vietnam sudah hampir jadi dan memiliki layout yang sangat menarik.

Dikutip dari berbagai sumber, Sirkuit Hanoi mengadopsi desain sirkuit jalan raya seperti di Monaco dan Singapura. Sirkuit ini bisa difungsikan sebagai jalan raya umum ketika sedang tidak menggelar balapan. Namun saat balapan diadakan, maka jalanan akan berubah fungsi menjadi layaknya sirkuit tertutup.

Sirkuit Hanoi dirancang arsitek terkenal asal Jerman, Hermann Tilke. Sirkuit ini memiliki panjang 5.565 m (5,5 km), dengan tiga lintasan lurus yang panjang, mulai 1.500 m, 800 m, dan 675 m. Sirkuit ini juga memiliki jumlah tikungan yang sangat banyak, hingga 22 tikungan.

Sirkuit Hanoi VietnamSirkuit Hanoi Vietnam Foto: Tangakapan layar YouTube Formula 1

Tak hanya spesifikasinya yang unik, Sirkuit Hanoi juga mengadopsi beberapa desain tikungan dari sirkuit-sirkuit ternama dunia. Misalnya pada tikungan 1 dan 2, mengadopsi tikungan serupa yang ada di Sirkuit Nurburgring, Jerman.

Kemudian pada tikungan 12 hingga tikungan 15, mengadopsi desain tikungan 1 dan 2 Sirkuit Monaco. Lanjut pada tikungan 16 hingga tikungan 19, mengadaptasi tikungan 2 hingga tikungan 6 Sirkuit Suzuka di Jepang. Kemudian untuk tikungan 20 hingga 22, menggunakan desain tikungan 12-14 Sirkuit Sepang, Malaysia.

Sayangnya, gelaran Formula 1 Vietnam yang sudah di depan mata itu gagal terwujud, sehubungan dengan merebaknya pandemi virus Corona (Covid-19) di awal tahun 2020 lalu. Balapan Formula 1 2020 dipangkas dari 22 seri menjadi 17 seri, di mana Sirkuit Hanoi menjadi salah satu seri yang dicoret.

Sirkuit Hanoi VietnamSirkuit Hanoi Vietnam Foto: Tangakapan layar YouTube Formula 1

Vietnam pun berharap bisa menggelar Formula 1 pada tahun 2021. Tapi nahas, Hanoi mengalami kondisi politik yang tidak stabil. Sebab Wali Kota mereka Nguyen Duc Chung ditangkap atas tuduhan korupsi. Chung pun dijatuhi hukuman 10 tahun penjara. Tanpa Chung, Formula 1 Vietnam disebut sangat mustahil diselenggarakan.

Kini Sirkuit Hanoi Vietnam pun terbengkalai. Tribun penonton telah disingkirkan dan banyak sampah berserakan di sekelilingnya. Saat ini sebagian ruas sirkuit banyak dipakai untuk aktivitas bersepeda masyarakat.



Simak Video "Jokowi: Sekarang F1 Powerboat, Tahun Depan Kita Ingin Tarik Formula 1"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT