Pertamina Luncurkan Pelumas Antikarat Serbaguna, Harga Tak Sampai Rp 50 RIbu!

ADVERTISEMENT

Pertamina Luncurkan Pelumas Antikarat Serbaguna, Harga Tak Sampai Rp 50 RIbu!

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Kamis, 08 Des 2022 08:40 WIB
Pertamina Spreeze.
Pertamina luncurkan pelumas antikarat bernama Pertamina Spreeze. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detik.com
Jakarta -

PT Pertamina Lubricants atau PTPL resmi meluncurkan pelumas antikarat serbaguna bernama Pertamina Spreeze. Produk tersebut konon telah dikembangkan PTPL bersama RTI (Research & Technology Innovation) Pertamina sejak tiga tahun lalu.

Direktur Sales and Marketing PTPL, Sari Rachmi mengatakan, Pertamina Spreeze dihadirkan untuk keperluan industri, rumah tangga dan bengkel. Pelumas tersebut menggunakan enam zat khusus yang diklaim punya 6 fungsi utama, yakni clean, penetrates, lubricates, displace moisture, protect, dan improve.

"Kami yakin, Pertamina Spreeze bisa menjangkau pasar yang luas dengan segala kebutuhan. Dengan produk ini, kami percaya konsumen bisa merasakan manfaatnya di kehidupan dan pekerjaan sehari-hari," ujar Sari Rachmi di Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (23/12/2022).

Pertamina Spreeze.Pertamina Spreeze. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detik.com

Pengembangan Pertamina Spreeze membutuhkan waktu lama, bahkan telah dimulai sejak tahun 2019 lalu. Pelumas tersebut sudah melalui sejumlah rangkaian uji coba, mulai dari uji laboratorium, uji lapangan, hingga uji komersial.

Bukan hanya itu, mereka mengklaim, Pertamina Spreeze bebas Chlorofluorocarbon (CFC) dan Chlorinated Solvent. Jadi, lebih aman dan tidak merusak ozon. Pelumas antikarat tersebut juga memiliki kadar BTX (Benzene, Toluene dan Xylen) yang sangat rendah dan tidak karsinogenik.

"Ditambah lagi, Pertamina Spreeze ini bebas silikon, tidak merusak peralatan, lebih ekonomis, zero electrical conductivity, sehingga tidak menghatarkan listrik, dan low toxicity atau memiliki kadar toksisitas rendah," kata dia.

Pertamina Spreeze.Pertamina Spreeze. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detik.com

Seperti yang telah disinggung di awal, Pertamina Spreeze bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti membersihkan kotoran minyak dan grease, penetrasi dan pelumasan bagian berkarat pada logam hingga komponen bergerak, serta melindungi komponen dari kelembapan atau uap.

Pertamina Spreeze saat ini sudah tersedia melalui distributor resmi Pertamina, bengkel, maupun outlet seperti Olimart, Enduro Express dan sejumlah SPBU Pertamina. Pelumas itu dibanderol Rp 48.900 untuk ukuran 250 ml dan Rp 66.600 untuk 400 ml.



Simak Video "Penjualan Kendaraan Listrik Meningkat, Bikin Industri Oli Sekarat?"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/sfn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT