Tak Semua Bisa Bawa Mobil Pribadi, 220 Bus Disiapkan buat Tamu Pernikahan Kaesang

ADVERTISEMENT

Tak Semua Bisa Bawa Mobil Pribadi, 220 Bus Disiapkan buat Tamu Pernikahan Kaesang

Tim detikcom - detikOto
Senin, 05 Des 2022 11:40 WIB
Erina Gudono & Kaesang Pangarep
Erina Gudono & Kaesang Pangarep (Foto: dok. Instagram @erinagudono)
Jakarta -

Tasyakuran pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono di Solo kemungkinan dihadiri 6.000 tamu undangan. Namun, tak semuanya bisa membawa kendaraan pribadi ke lokasi tasyakuran. Polisi telah menyiapkan ratusan bus untuk menjemput tamu undangan.

Tasyakuran pernikahan Kaesang dan Erina akan dilaksanakan di Pura Mangkunegaran, 11 Desember mendatang. Menurut, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi, pihaknya telah menyiapkan 220 shuttle bus supaya tidak terjadi situasi crowded selama prosesi tasyakuran berlangsung.

"Karena apabila jumlah tamu itu sekitar 6.000 kemungkinan terjadi crowded," katanya seperti dikutip detikJateng.

Lanjut Luthfi, pihaknya telah menyiapkan beberapa kantong parkir untuk para tamu undangan. Adapun kantong parkir untuk tamu undangan itu berada di Benteng Vastenburg dan Stadion Manahan.

"Di sana parkir dan akan angkut dengan shuttle bus," kata dia.

Luthfi mengatakan, berdasarkan kebijakan dari hasil rapat, ada tamu yang sudah disiapkan menggunakan shuttle bus di masing-masing hotel. Ada juga tamu yang nanti dipandu masuk ke Mangkunegaran. Ada pula tamu yang diarahkan ke lokasi parkir di Benteng Vastenburg dan Stadion Manahan.

Luthfi menyebut, untuk jalur di sekitar Puro Mangkunegaran nantinya akan menggunakan jalur one way sistem. Nantinya, sosialisasi akan dilakukan pada H-5 tasyakuran pernikahan Kaesang dan Erina.

Pihak kepolisian pada saat rangkaian resepsi ngunduh mantu Kaesang-Erina nanti akan menerapkan rekayasa lalu lintas terutama pada pelaksanaan kirab yang akan mengambil start di Loji Gandrung Jalan Slamet Riyadi dan berakhir di Pura Mangkunegaran.

"Rekayasa lalu lintas akan dilakukan pada momen kirab dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran. Adapun rute kirab diawali mulai depan Loji Gandrung dan melalui ruas jalan yaitu Simpang tiga Sriwedari, Simpang tiga Pengadilan Negeri, simpang empat Hotel Novotel dan seterusnya hingga nanti finis di Gapura Mangkunegaran," kata Kepala Bidang Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy dikutip Antara.



Simak Video "Aksi Warga Jelang Kirab Pernikahan Kaesang-Erina: Balas-Membalas Lagu"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT