5 Bagian Bus yang Sangat Penting Dirawat

ADVERTISEMENT

5 Bagian Bus yang Sangat Penting Dirawat

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 29 Nov 2022 17:10 WIB
Bus baru PO ALS pakai bodi Laksana dan sasis Mercedes-Benz
Lima bagian bus yang sangat penting untuk dirawat. Foto: Dok. Laksana
Jakarta -

Sebagai kendaraan yang tiap harinya menempuh jarak jauh, bus memerlukan perawatan khusus. Perawatan ini harus dilakukan agar transportasi massal favorit masyarakat Indonesia itu selalu prima saat dioperasikan, sekaligus bisa meminimalisasi risiko kecelakaan.

Seperti dijelaskan Mercedes-Benz Indonesia dalam akun media sosial Instagram-nya, setidaknya ada 5 bagian bus yang perlu mendapatkan perhatian dan perawatan lebih.

Bagian pertama yang perlu dirawat adalah mesin. Perjalanan jauh yang ditempuh oleh bus, khususnya bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi), tentu membuat mesin bekerja lebih keras. Maka itu bagian ini wajib mendapatkan perawatan. Apalagi jika armada itu digunakan sebagai armada putar balik (PP).

Bagian kedua yang perlu dicek adalah sistem pengereman. Setiap driver bus wajib memastikan pengeremannya berfungsi dengan baik, baik itu saat digunakan di kecepatan tinggi maupun kecepatan rendah.

Bagian ketiga yang juga perlu diperhatikan adalah sistem penerangan. Terutama buat bus-bus AKAP dengan jadwal keberangkatan malam, sistem penerangan menjadi hal sangat vital. Pastikan juga gunakan lampu standar agar tidak mengganggu pengendara lainnya.

Komponen keempat yang perlu diperiksa dan dirawat adalah roda. Sebelum bus dioperasikan, pastikan ban berada dalam kondisi cukup tekanan angin. Tekanan angin di ban jangan terlalu tinggi, juga jangan terlalu rendah.

Hal terakhir yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah beban yang dibawa bus itu. Pastikan barang bawaan penumpang tidak melebihi batas maksimal, supaya tidak membebani kerja mesin.



Simak Video "Kecelakaan Bus di Brasil Tewaskan 4 Pesepakbola Junior"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT