Mobil Punya Panoramic Sunroof Seperti Kijang Innova Zenix, Apa Keuntungannya?

ADVERTISEMENT

Mobil Punya Panoramic Sunroof Seperti Kijang Innova Zenix, Apa Keuntungannya?

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 29 Nov 2022 14:40 WIB
Innova terbaru akan punya panoramic sunroof
Ilustrasi panoramic sunroof. Foto: Dok. Toyota
Jakarta -

Fitur Panoramic Sunroof biasanya tersemat di mobil-mobil premium. Kini, fitur Panoramic Sunroof itu tersemat di MPV Kijang Innova Zenix Hybrid. Panoramic Sunroof boleh dibilang salah satu fitur mahal di dalam mobil. Bentuknya lebih panjang dan lebar ketimbang atap-atap kaca lainnya.

Tapi apa sebenarnya kelebihan yang ditawarkan Panoramic Sunroof? Apa hanya pajangan atau justru ada keuntungan yang didapat untuk pengendara maupun penumpang? Sebagaimana fitur lain, tentunya Panoramic Sunroof memiliki perannya sendiri.

Mengutip laman 91Wheels, kehadiran Panoramic Sunroof membuat kabin lebih lapang. Kelapangan itu akan lebih terasa ketika Panoramic Sunroof terpasang di mobil berukuran besar. Ini menambah kenyamanan tersendiri di dalam mobil.

AC merupakan salah satu perangkat pendingin tambahan di dalam kabin. Nah Panoramic Sunroof memiliki peran yang penting sebagai 'AC Natural' ketika AC dimatikan. Penggunaan AC sendiri disebut bisa menambah konsumsi BBM hingga 10%. Kemudian bila menurunkan jendela untuk mendapatkan udara, maka dapat menambah hambatan angin. Sunroof terletak di atap mobil sehingga angin tak terhambat saat berhembus. Dengan begitu kendaraan akan lebih efisien dan tetap nyaman. Asalkan tidak dalam kondisi panas yang sangat terik, yang ada kamu malah kepanasan.

Panoramic Sunroof juga bisa menjadi alternatif pintu darurat ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ya, kecelakaan memang bukan merupakan salah satu hal yang bisa diperkirakan. Ketika terjadi kecelakaan, mobil dengan panoramic sunroof akan terlihat lebih praktis. Atapnya bisa dibuka untuk menyelamatkan diri ketika terjadi hal yang tidak diinginkan itu.

Di balik kelebihan, tentu ada juga kekurangannya. Ketika berkendara di cuaca yang sangat terik, keberadaan Panoramic Sunroof justru membuat kabin jadi lebih panas. Ya, kaca merupakan penyerap panas yang sangat baik. Untuk itu, saat di luar panas dan Panoramic Sunroof bisa menyerap panas tersebut dengan sangat cepat. AC pun harus bekerja lebih keras untuk mendinginkan kabin.

Keberadaan Panoramic Sunroof juga disebut menambah bobot kendaraan. Untuk memasang panoramic sunroof ini biasanya membutuhkan rel dan motor di atas. Hal itu disebut dapat mengganggu pusat gravitasi.



Simak Video "Buat Cuma Keren, Sunroof Mobil Ternyata Punya Banyak Fitur!"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT