Joe Biden Dijemput The Beast, Jokowi Disambut Mobil Ini

ADVERTISEMENT

Joe Biden Dijemput The Beast, Jokowi Disambut Mobil Ini

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 14 Nov 2022 10:12 WIB
Mobil kepresidenan Jokowi Mercedes-Benz S 600 Guard
Mobil kepresidenan Jokowi. (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Sejumlah pemimpin negara terlihat sudah mulai berdatangan ke Bali untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15-16 November 2022. Tercatat Presiden Republik Korea Yoon Suk-yeol, Presiden AS Joe Biden, dan sejumlah menteri dari negara lain yang mewakili telah mendarat di Pulau Dewata.

Para pemimpin negara itu langsung disambut oleh mobil deretan mobil yang telah disiapkan. Presiden AS Joe Biden misalnya disambut mobil kepresidenan 'The Beast' yang diboyong langsung dari Negeri Paman Sam.

Berbeda dengan Joe Biden, pemimpin negara lain terlihat menggunakan Mercedes-Benz S 600 Guard dengan pelat bertuliskan 'Tamu Negara'. Mobil ini juga terlihat menjemput Presiden Joko Widodo saat tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali setelah kunjungannya dari Kamboja.

Sebagai mobil kepala negara, Mercedes-Benz S 600 Guard ini merupakan mobil antipeluru. Mobil S 600 Guard bisa melindungi penumpangnya yang duduk di jok belakang dari serangan senjata mesin M60. Kaca mobil S 600 Guard lebih tebal beberapa kali dibanding kaca standar. Kaca ini sangat berat sehingga butuh perangkat hidrolik untuk membuka dan menutup kaca. Mobil memiliki sistem udara khusus yang bisa menyediakan oksigen sendiri saat di sekeliling mobil ada gas yang berbahaya.

Bannya juga sudah menggunakan teknologi antikempes (Run Flat Tyre) dari Michelin. Meski tekanan bannya 0, mobil masih bisa melaju sejauh sekitar 30 km.

Sekadar informasi, pada perhelatan KTT G20 ini pemerintah memang sudah menyiapkan mobil untuk para kepala negara. Beberapa di antaranya memang meminta mobil antipeluru. Namun bila beberapa negara ingin membawa sendiri dipersilahkan karena di sini jumlahnya terbatas.

"Kita pernah di negara besar, kita dijamu dan diperkenankan untuk membawa kendaraan dengan sejumlah sekian. Kita juga akan fasilitasi mereka ketika di Indonesia, dengan fasilitas yang kurang lebih sama," Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama dalam konferensi pers belum lama ini.



Simak Video "Rangkuman Peristiwa Jokowi dan KTT G20 di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT