Harga BBM-nya Lebih Mahal dari Pertamina, Shell, Vivo, Apa Keunggulan BP?

ADVERTISEMENT

Harga BBM-nya Lebih Mahal dari Pertamina, Shell, Vivo, Apa Keunggulan BP?

Dina Rayanti - detikOto
Rabu, 09 Nov 2022 09:20 WIB
Sejumlah kendaraan tengah mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU BP-AKR, Bintaro, Tangerang Selatan, Rabu (14/9/2022). SPBU BP kembali memangkas harga jual BBM-nya.
BBM BP ditawarkan lebih mahal dari pesaingnya. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Dibandingkan operator SPBU lainnya, harga BBM yang ditawarkan BP-AKR lebih mahal ketimbang Pertamina, Shell, hingga Vivo. Berani jual dengan harga lebih tinggi, apa sih keunggulan BBM BP?

Dari data yang dihimpun detikOto per November 2022 untuk jenis RON 90, BP membanderolnya dengan Rp 13.460 per liter sementara Revvo 90 Rp 12.600 per liter, dan Pertalite Rp 10.000 per liter.

Pun demikian dengan BBM RON 92, BP menjual BP 92 dengan harga Rp 14.150 per liter. Sementara Shell dan Pertamina masing-masing menawarkan harga BBM RON 92 Rp 13.550 per liter dan Rp 13.900 per liter.

Bukan tanpa alasan, BBM yang ditawarkan BP termasuk dalam kategori Jenis BBM Umum (JBU). Adapun harga jual JBU ini menyesuaikan dengan perkembangan harga minyak mentah dunia. Ketika harga minyak mentah dunia turun, maka harga BBM-nya turun. Sebaliknya, ketika harga minyak mentah dunia melonjak, harga BBM BP juga menyesuaikan.

"Untuk BP kami selalu berusaha untuk memberikan harga yang kompetitif, mungkin hari ini penjualan kami lebih tinggi, bisa saja 2 hari ke depan harga minyak dunia turun, maka harga kami akan turun," ungkap Direktur Marketing BP-AKR, Vanda Laura.

Meski harganya lebih mahal, BP menjanjikan BBM-nya bisa melindungi kendaraan secara optimal. Mengutip laman resmi BP Indonesia, BBM BP dilengkapi dengan teknologi Active yang dirancang khusus melindungi mesin terhadap penumpukan kotoran. Dengan begitu, performa mesin bisa lebih terjaga.

Lewat teknologi Active BP, molekul tersebut mengalir melalui sistem bahan bakar bersama dengan bahan bakar dan melekat ke permukaan katup masuk lalu membentuk lapisan pelindung. Hal ini bisa membantu menghentikan kotoran melekat pada permukaan logam sehingga menjaga mesin tetap bersih.

Teknologi serupa juga ditawarkan oleh Shell. Di Shell, teknologi tersebut diberi nama Dynaflex. Teknologi Dynaflex itu juga memiliki kemampuan membantu membersihkan komponen utama sistem bahan bakar, seperti katup masuk dan/atau injektor bahan bakar dari endapan yang menghambat performa.

Pertamina juga menyematkan teknologi canggih BBM-nya pada Pertamax. Pertamax dibekali oleh Pertatec yang merupakan formula zat aditif dengan kemampuan membersihkan endapan kotoran pada mesin. Mesin disebut lebih awet dan sekaligus menjaga mesin dari karat, serta pemakaiannya lebih hemat.



Simak Video "Harga RON 90 dan 92 Turun! Ini Daftar Harga BBM di SPBU RI"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT