Truk Hidrogem Hyundai Sudah Jalan 2 Tahun Tembus 5 Juta Kilometer

ADVERTISEMENT

Truk Hidrogem Hyundai Sudah Jalan 2 Tahun Tembus 5 Juta Kilometer

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 03 Nov 2022 15:41 WIB
Truk hidrogen Hyundai Xcient mulai beroperasi di New Zealand.
Hyundai Xcient (Foto: Hyundai)
Jakarta -

Hyundai ternyata sudah mengoperasikan truk berat berbahan bakar hidrogen, yang diberi nama Xcient Fuel Cell. Menariknya truk ramah lingkungan itu mencapai tonggak sejarah baru dengan sudah berjalan 5 juta kilometer.

Hyundai Motor Company mengumumkan armada truk tugas bera Xcient sudah beroperasi di Swiss sejak tahun 2020. Truk tersebut telah mengumpulkan lebih dari 5 juta km dalam dua tahun.

Hyundai diketahui sudah mengekspor 47 unit truk komersial tanpa emisi bertenaga hidrogen ke 23 perusahaan Swiss, yang menggunakannya untuk logistik, distribusi, dan pemenuhan supermarket.

"Xcient Fuel Cell adalah truk sel bahan bakar tugas berat pertama di dunia yang mencapai 5 juta km berkendara kumulatif dalam operasi pelanggan di kehidupan nyata," kata Mark Freymueller, Wakil Presiden Senior dan Kepala Inovasi Bisnis Kendaraan Komersial di Hyundai Motor Company.

"Pengalaman yang kami peroleh dan pencapaian yang kami capai di Swiss akan memberikan wawasan yang baik bagi banyak negara yang sedang bersiap untuk transisi menuju masyarakat hidrogen yang berkelanjutan. Berdasarkan rekam jejak yang terbukti dari operasi yang sukses di Swiss, kami akan memperluas bisnis ini ke seluruh Eropa," tambah dia.

Truk ini dilengkapi dengan sistem sel bahan bakar hidrogen 180 kW dengan dua tumpukan sel bahan bakar 90 kW. Daya tahan sistem dan efisiensi bahan bakar kendaraan secara keseluruhan disesuaikan dengan permintaan pelanggan.

Motor listriknya bertenaga 350 kW dengan torsi maksimum 2.237 Nm memungkinkan performa berkendara yang dinamis. Tujuh tangki hidrogennya yang besar menawarkan kapasitas penyimpanan gabungan sekitar 31 kg bahan bakar.

Sementara tiga baterai bertenaga 72 kWh mendukung kinerjanya. Jangkauan mengemudi lebih dari 400 km per pengisian daya. Untuk mengisi bahan bakar satu tangki penuh hidrogen membutuhkan waktu sekitar 8 hingga 20 menit, tergantung pada suhu sekitar.

Truk Xcient sudah dioperasikan di berbagai bidang, termasuk logistik, manufaktur, dan pemenuhan ritel. Pada Agustus 2022, Hyundai Motor mengumumkan keberhasilannya masuk ke Jerman dengan tujuh perusahaan lokal yang berencana untuk menggunakan trux Xcient.

Hyundai Motor juga mendapatkan dana dari Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA) 2021 Targeted Airshed Grants (TAG). Dana ini digunakan untuk menyebarkan lebih lanjut truk Xcient di California. Selain 30 truk yang akan diluncurkan dalam proyek NorCal Zero mulai mereka beroperasi di Port of Oakland pertengahan tahun depan.



Simak Video "Review Royal Enfield Hunter 350: Moge Klasik Termurah, Layak Dibeli?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT