PO Pandawa 87 Luncurkan Bus Tingkat Buat Armada Pariwisata

ADVERTISEMENT

PO Pandawa 87 Luncurkan Bus Tingkat Buat Armada Pariwisata

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 01 Nov 2022 16:32 WIB
PO Pandawa 87 meluncurkan bus double decker dengan bodi Adiputro
Foto: Dok. Adiputro. PO Pandawa 87 meluncurkan bus double decker dengan bodi Adiputro dan sasis Mercedes-Benz.
Jakarta -

PO Pandawa 87 resmi meluncurkan bus tingkat terbaru mereka untuk melayani kebutuhan pariwisata. Bus double decker itu menggunakan bodi Adiputro, yang dikombinasi sasis Mercedes-Benz.

PO Pandawa 87 kembali merilis bus baru. Usai memperkenalkan bus SHD dengan bodi New Armada Skylander 2022 dan sasis Hino, Pandawa 87 sekarang juga memperkenalkan bus tingkat terbarunya.

Bus tingkat ini sebelumnya sudah mejeng di pameran Busworld Southeast Asia 2022 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta awal Oktober lalu. Kini bus tingkat itu diperkenalkan kembali dengan eksterior yang sudah dipermanis dan diberi label.

Bus terbaru PO Pandawa 87 menggunakan bodi Adiputro Jetbus 3+ SDD (Super Double Decker) dengan model selendang Voyager yang minimalis, namun berkesan sporty. Bus dicat menggunakan warna ungu, ditambah grafis tipis dan tulisan 'Pandawa 87' di bagian sisi-sisi bodinya. Selain itu, disematkan pula tulisan 'Pariwisata' yang menandakan bahwa armada ini untuk kebutuhan Pariwisata.

Yang menarik dari bus ini adalah menggabungkan konsep bus konvensional dengan bus sleeper. Di dek atas, tempat duduknya berupa kursi konvensional konfigurasi 2+1, dilengkapi sandaran lengan, sandaran kaki, disertai fitur entertainment berupa layar AVOD (Audio Video On Demand).

Sementara bagian dek bawahnya full sleeper class, dengan konsep ala hotel kapsul. Terdapat kurang lebih enam kabin sleeper class di area bawah, tentu menjadi pilihan yang menarik bagi konsumen ketika ingin memiliki privasi lebih dan istirahat lebih nyaman sepanjang perjalanan.

Bicara sasisnya, bus ini menggunakan besutan Mercedes-Benz tipe OC 500 RF 2542. Bus ini menggunakan konsep tiga gandar atau tiga as roda, dengan ditopang kapasitas mesin 11.967 cc, OM 457 LA, 6-Silinder Segaris, Injeksi Langsung dengan Turbo charger dan Intercooler.

Soal performa, mesin Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 bisa menghasilkan tenaga maksimal 422 dk pada 1.900 rpm dan torsi maksimal 1.900 Nm di rpm 1.100.



Simak Video "Ciamik! Ini Wujud Bus Double Decker Terbaru Milik PO Gunung Harta"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT