Rishi Sunak Bakal Jadi PM Inggris, Pernah Pura-Pura Miskin Naik Mobil Murah

ADVERTISEMENT

Rishi Sunak Bakal Jadi PM Inggris, Pernah Pura-Pura Miskin Naik Mobil Murah

Tim Detikcom - detikOto
Selasa, 25 Okt 2022 16:06 WIB
New Conservative Party leader and incoming prime minister Rishi Sunak (C) reacts as he his greeted by colleagues upon his arrival at Conservative Party Headquarters in central London having been announced as the winner of the Conservative Party leadership contest, on October 24, 2022. - Britains next prime minister, former finance chief Rishi Sunak, inherits a UK economy that was headed for recession even before the recent turmoil triggered by Liz Truss. (Photo by JUSTIN TALLIS / AFP) (Photo by JUSTIN TALLIS/AFP via Getty Images)
Rishi Sunak sempat mengaku punya mobil murah Kia Rio (Foto: Justin Tallis/AFP/Getty Images)
Jakarta -

Rishi Sunak dipastikan akan menjadi PM baru Inggris menggantikan Liz Truss. Dalam perjalanan karier politiknya, pria keturunan India itu sempat jadi kontroversi saat pura-pura miskin dengan mengendarai 'mobil murah'.

Sunak, 42 tahun, dalam waktu dekat akan dilantik menjadi PM Inggris, untuk menggantikan Liz Truss yang mundur dari posisinya setelah hanya 44 hari menjabat. Keberhasilan Sunak naik ke posisi PM Inggris jadi berita besar karena dia akan menjadi pemimpin Inggris termuda dalam 200 tahun terakhir, plus menjadi keturunan Asia pertama yang mengisi posisi tersebut.

Rishi Sunak juga bukan orang sembarangan. Dikutip dari berbagai sumber, Sunak merupakan crazy rich di Inggris. Rishi Sunak dan istrinya, Akshata Murty, diperkirakan memiliki kekayaan mencapai US$ 830 juta. Itu setara dengan Rp 12,11 triliun.

Sebagai pembanding, Ratu Elizabeth II diperkirakan memiliki kekayaan sekitar US$ 420 juta atau sekitar Rp 6,13 triliun. Angka ini didapat beberapa waktu sebelum kematiannya.

Dikutip dari Guardian, ada cerita menarik dan kontroversial melibatkan Sunak. Salah satunya terkait sebuah foto yang menunjukkan Sunak tengah mengisi bensin di sebuah SPBU.

Foto tersebut menarasikan bahwa Sunak memiliki mobil murah yakni sebuah Kia RIO. Foto tersebut muncul ketika Sunak memprotes kenaikan harga BBM, dan dia seakan-akan kesulitan membeli BBM.

Belakangan diketahui kalau foto tersebut hanyalah pencitraan yang disiapkan oleh tim PR-nya. Sunak bukan pemilik mobil tersebut. Mobil berkelir merah itu adalah milik salah satu pegawai sebuah SPBU yang berlokasi di Sainsbury, yang dipinjam begitu saja demi membuat konten foto.

"Hal paling memalukan yang terjadi pada saya adalah saya kesulitan membayar BBM untuk sebuah mobil yang sebenarnya itu bahkan bukan milik saya," ucap Sunak mengakui kesalahannya beberapa waktu lalu.

Itu bukan satu-satunya momen Sunak mencoba 'terlihat' jadi miskin.

Dikutip dari Xpress, Sunak pada suatu ketika mengaku kalau dia bersama keluarganya selalu berkendara menggunakan VW Golf. Kondisi yang sebenarnya tidak seperti itu.

Sunak dianggap menutup-tutupi koleksi mobilnya. Disebutkan kalau dia sebenarnya punya empat buah mobil, di mana salah satunya adalah sebuah Range Rover yang dibanderol dengan harga Rp 1,6 miliar di Inggris.



Simak Video "Harapan Masyarakat Inggris untuk Perdana Menteri Baru Rishi Sunak"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT