Benarkah Pertalite Lebih Cepat Menguap Jadi Bikin Boros?

ADVERTISEMENT

Benarkah Pertalite Lebih Cepat Menguap Jadi Bikin Boros?

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 25 Sep 2022 10:40 WIB
PT Pertamina (Persero) sudah siap untuk menjual produk bensin terbarunya yakni Pertalite. Bensin RON 90 ini akan dijual pertamakali di SPBU Coco, Abdul Muis, Jakarta pada Jumat (24/7/2015) mendatang. Petugas beraktivitas di SPBU Coco, Abdul Muis, Jakarta, Selasa (21/7/2015). Pada Jumat (24/7/2015) mendatang, SPBU ini siap menjual Pertalite RON 90.  Hasan Al Habshy/detikcom.
Pertalite dituding lebih cepat menguap sehingga konsumsinya lebih boros. Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta -

Sejumlah warganet mempertanyakan kualitas Pertalite yang dianggap menurun utamanya setelah harganya naik jadi Rp 10.000 per liter. Alhasil beberapa pengguna Pertalite mengeluhkan bahwa BBM RON 90 cepat menguap dan lebih boros. Pertamina buru-buru membantah soal hal tersebut.

Perusahaan pelat merah itu menegaskan bahwa tidak ada perubahan spesifikasi yang dilakukan pada Pertalite. Pertalite yang dipasarkan melalui lembaga penyalur resmi di Indonesia sesuai dengan Keputusan Dirjen Migas Nomor 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 90 Yang Dipasarkan Di Dalam Negeri.

Masalah penguapan, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menjelaskan bahwa proses itu bisa lebih cepat terjadi jika temperatur penyimpanan meningkat drastis. Adapun Pertalite memiliki batasan maksimum penguapan 10% dan dibatasi maksimal 74 derajat celcius.

"Secara umum produk Pertalite ada di suhu 50 derajat celcius. Artinya, pada saat temperatur 50 derajat celsius, BBM subsidi itu sudah bisa menguap hingga 10 persen. Semakin tinggi temperatur, maka akan semakin tinggi tingkat penguapannya," jelas Irto dikutip CNN Indonesia.

Irto juga kembali mengingatkan agar pengendara bisa mengisi BBM di distributor resmi seperti SPBU ataupun Pertashop lantaran kualitasnya pasti lebih terjamin. Tidak lupa, pengendara juga diimbau menggunakan BBM sesuai dengan spesifikasi kendaraan.

Pertalite saat ini merupakan bensin dengan harga paling terjangkau dibanding yang ditawarkan operator SPBU lainnya. Perlu diketahui, tidak semua kendaraan cocok menggunakan Pertalite. Laman resmi Pertaminya menyebut, Pertalite cocok untuk kendaraan dengan rasio kompresi mesin 9:1 sampai 10:1.

"Sebaiknya pengendara selalu konsisten dalam memilih bahan bakar yang berkualitas, agar mesin kendaraan selalu awet dan terawat. Lebih aman menggunakan bahan bakar berkualitas dengan oktan/cetane yang direkomendasikan oleh pabrikan, agar mesin dapat bekerja secara maksimal," jelas Irto.



Simak Video "Jangan Salahkan Pertalite, Mungkin Ini yang Bikin Kendaraan Jadi Lebih Boros!"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT