Cerita Bos PO Sumber Alam Bikin Bus Termewah dan Terpanjang pada Masanya

ADVERTISEMENT

Cerita Bos PO Sumber Alam Bikin Bus Termewah dan Terpanjang pada Masanya

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 13 Sep 2022 15:07 WIB
Bus Limo PO Sumber Alam
Cerita bos PO Sumber Alam bikin bus termewah dan terpanjang pada masanya. (Foto: Dok. Sumber Alam)
Jakarta -

PO Sumber Alam memiliki satu armada istimewa yang menjadikannya paling unik dibanding lainnya. Armada itu adalah bus Limo, yang merupakan bus tronton pertama di Indonesia dengan panjang lebih dari 13 meter, memiliki kabin mewah, disertai lift. Seperti apa cerita di balik pembuatan bus ini?

Bos PO Sumber Alam, Anthony Steven Hambali, mengungkapkan latar belakang dibuatnya bus Limo. Menurut Anthony, saat itu dirinya ingin membuat transportasi yang nyaman buat keluarganya. Namun saat itu belum ada bus tronton, akhirnya dia berinisiatif memodifikasi bus biasa jadi lebih panjang.

"Waktu itu kan 'istilahnya' belum ada bus tronton di sini (Indonesia). Jadi kita berpikir buat modifikasi bus untuk keluarga. Waktu itu ibu saya stroke, jadi pakai kursi roda tho. Kita kalau pergi-pergi agak kesulitan, jadi kita bikin unit (bus) yang khusus buat keluarga, ini sekitar tahun 2009," kata Anthony dihubungi detikOto, Selasa (13/9/2022).

Bus Limo PO Sumber AlamBus Limo PO Sumber Alam Foto: Dok. Sumber Alam

Lanjut Anthony menambahkan, bus Limo menggunakan sasis Mercedes-Benz tipe 1521 yang dikombinasi bodi buatan Laksana. Desainnya tampak cukup elegan, dan nihil selendang pada sisi kanan-kirinya. Untuk memodifikasi sasis itu, Anthony memanfaatkan axle truk tronton.

"Belakang itu sebenarnya pakai axlenya truk. Karena kalau truk tronton kan udah ada dari dulu, jadi kita ambil itu, terus kita pasang di bus Limo. Panjang bus jadi lebih panjang, harusnya sekitar 12 meter itu jadi sekitar 13 meteran," sambungnya lagi.

Bus Limo PO Sumber AlamBus Limo PO Sumber Alam Foto: Dok. Sumber Alam

Bus ini bisa menampung antara 15-20 penumpang. Interiornya dilengkapi berbagai fasilitas penunjang, seperti dua ruang audio visual terpisah, tempat duduk mewah, mini pantry (dapur mini), kulkas, toilet, termasuk juga sofa yang bisa diubah menjadi tempat tidur.

Selain itu, ada fasilitas TV 42 inci dan sistem audio yang memadai. Terdapat pula ruangan khusus yang bisa digunakan untuk rapat, presentasi, menikmati film box office sepanjang perjalanan, hingga untuk karaoke.

Bus Limo PO Sumber Alam memiliki lift di belakangnyaBus Limo PO Sumber Alam memiliki lift di belakangnya Foto: Dok. Sumber Alam

"Ada juga lift untuk kursi roda, kalau ada yang butuh bisa pakai itu. Itu kita pesan ke Laksana, mereka yang carikan di luar (negeri). Waktu itu harga lift-nya aja sekitar 6.000 USD. Jadi lumayan," jelas Anthony.

"Bus ini disewakan juga, cuma memang sekarang sudah (banyak) keluar bus-bus tronton, ya itu jadi bus keluarga aja. Masih dioperasikan sampai sekarang, kalau ada yang sewa ya kita kasih. Bisa disewa," sambungnya lagi.

Atas keunikannya tersebut, bus Limo ini pernah mendapatkan Rekor Muri pada 2009 lalu, dengan rekor pemilik modifikasi bus terpanjang beroda 10 dan dilengkapi fasilitas lift. "Dapat rekor Muri karena waktu itu belum ada tronton," tukasnya.



Simak Video "Nostalgia Bersama Dua Bus Klasik Sumber Alam"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT