Sudah Mulai Dikirim, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Jajal Rel di Indonesia November

ADVERTISEMENT

Sudah Mulai Dikirim, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Jajal Rel di Indonesia November

Dina Rayanti - detikOto
Sabtu, 27 Agu 2022 11:37 WIB
pengiriman kereta cepat Jakarta Bandung
Rangkaian Kereta cepat Jakarta-Bandung mulai berlayar ke Indonesia. Foto: Youtube PT KCIC
Jakarta -

Pengiriman kereta cepat Jakarta-Bandung telah mulai dilakukan sejak 21 Agustus 2022. Dari pabrik CRRC, Sifang, China rangkaian kereta itu diangkut menggunakan truck load besar menuju pelabuhan Qingdao. Setibanya di pelabuhan Qingdao, rangkaian kereta diangkut menggunakan crane dan masuk ke kapal. Baru setelahnya kapal berlayar menuju Indonesia.

Kapal yang mengangkut rangkaian kereta KCIC400AF itu dijadwalkan berlabuh di Tanah Air pada September mendatang. Baru pada November, Kereta Cepat Jakarta-Bandung uji coba rel di Indonesia. Rencananya, uji coba itu akan diperlihatkan pada acara G20. Kemudian untuk pengoperasiannya diharapkan bisa dilakukan pada Juni 2023.

Kehadiran kereta cepat Jakarta-Bandung ini dapat memangkas waktu perjalanan menuju Kota Kembang. KCIC dalam keterangannya, menyebut waktu tempuh Jakarta-Bandung dengan kereta cepat hanya 36-44 menit. Maklum, kereta memiliki kecepatan hingga 350 km/jam.

Meski kencang, penumpang di dalam kabin tidak akan merasa kebisingan. Kereta cepat ini dibekali oleh cabin noise yang lebih rendah sehingga diklaim mampu meredam getaran dan suara di dalam kereta lebih optimal.

Kereta cepat CR400AF dilengkapi dengan dua emergency brake. Yang pertama disebut Emergency Brake EB yang bekerja berdasarkan perintah driver controller, fasilitas emergency brake penumpang dan kontrol kewaspadaan masinis.

Emergency brake kedua disebut Emergency Brake UB yang akan aktif berdasarkan fungsi Automatic Train Protection (ATP), pendeteksi jarak antar kereta dan pada saat power kereta dalam kondisi off atau tidak bekerja.

"Dengan dua sistem emergency brake ini, CR400AF menawarkan tingkat keamanan yang lebih untuk melindungi kereta pada saat terjadi kesalahan sistem maupun human error," jelas KCIC dalam keterangannya.

Sebagai informasi, disepanjang trase Kereta Cepat Jakarta - Bandung akan terdapat empat stasiun pemberhentian yakni di Halim, Karawang, Walini dan Tegalluar.



Simak Video "Jokowi Sebut Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bukan Bantuan China"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT