Cerita PO Sinar Jaya Bawa 1 Penumpang dari Jakarta ke Surabaya

ADVERTISEMENT

Cerita PO Sinar Jaya Bawa 1 Penumpang dari Jakarta ke Surabaya

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 22 Agu 2022 13:07 WIB
PO Sinar Jaya
PO Sinar Jaya. (Foto: Dok. Sinar Jaya Group)
Jakarta -

Ada kisah menarik dari perjalanan PO Bus Sinar Jaya. Jadi salah satu PO bus kenamaan di Pulau Jawa, mereka pernah mengangkut cuma satu orang dalam sebuah perjalanan.

PO Sinar Jaya merupakan salah satu perusahaan transportasi bus terpopuler di Pulau Jawa. Bus dengan ciri khas livery pelangi ini dikenal dengan layanan patas alias cepat-terbatas. Artinya, bus hanya akan membawa penumpang sesuai jumlah kursi, sehingga tidak ada penumpang yang berdiri atau duduk di kursi darurat. Lebih dari itu, bus tetap akan beroperasi mengantarkan penumpang sampai tempat tujuan sekalipun hanya satu orang.

Seperti dijelaskan Direktur Utama PT Sinar Jaya Megah Langgeng, Teddy Rusly, Sinar Jaya pernah membawa hanya satu penumpang dari arah Jakarta ke Surabaya. Awal ceritanya, Sinar Jaya ikut berpartisipasi dalam program pemerintah yang waktu itu meminta pelayanan bus dari Jakarta ke Surabaya tanpa berhenti.

"Kita melayani--sejak adanya jalan tol (Trans Jawa)--kita diikutsertakan oleh Kementerian Perhubungan untuk men-support program mereka (pemerintah)," kata Teddy dalam diskusi 'Success Story PT Sinar Jaya Group' di booth Hino Indonesia di arena GIIAS 2022, ICE-BSD City, Tangerang.

Sleeper bus Laksana di PO Sinar JayaSleeper bus PO Sinar Jaya Foto: Istimewa

Teddy menjelaskan pernah ada video YouTube yang viral, memperlihatkan penumpang yang sendirian naik bus Sinar Jaya dari arah Jakarta ke Surabaya dan benar-benar sampai lokasi tanpa dioper ke bus lain.

"Soalnya pernah ada video YouTube viral, dia (penumpang) naik dari Jakarta ke Surabaya sendirian. Lalu dilayani sama kami (Sinar Jaya) sampai (tujuan tanpa dioper ke bus lain), itu kemudian viral," sambung Teddy.

Jika dihitung-hitung secara bisnis, penumpang satu orang jelas akan membikin bus rugi. Sebab harga tiket yang ratusan ribu rupiah, tidak akan menutup biaya operasional. Bahkan untuk biaya tol saja tidak cukup.

"Viralnya, kita cuma bayar tiket berapa ratus ribu (rupiah), charter bus dari Jakarta ke Surabaya sendirian. (Jadi tetap) diantarkan (meski cuma sendirian). Pasti rugi, makanya tadi saya bilang, kita berdarah-darah (dalam memberikan pelayanan maksimal kepada konsumen). Jadi buat bayar tol saja itu nggak cukup (dengan satu penumpang)," tambah Teddy.

Namun seiring viralnya video tersebut, para calon penumpang justru banyak yang tertarik mencoba layanan bus Sinar Jaya untuk tujuan ke Surabaya. Dan hasilnya, dalam beberapa bulan ke depan PO asal Bekasi ini mulai ramai penumpang ke arah ibu kota Provinsi Jawa Timur itu.

"Jadi bertahap, karena itu viral, banyak masyarakat tertarik mencoba (Sinar Jaya) dan ternyata memang setelah beberapa bulan ada perubahan. Jadi usai tiga bulan, ada hasilnya," ujar Teddy.



Simak Video "Penyesuaian Harga BBM, Tarif Bus AKAP Ekonomi Resmi Naik"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT