ADVERTISEMENT

Laksana Legacy SR3 Ultimate Hadir Tanpa Sekat Kaca dan Selendang, Apa Alasannya?

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 14 Agu 2022 07:01 WIB
Laksana Legacy SR3 Ultimate
Laksana Legacy SR3 Ultimate. Foto: (Luthfi Anshori/detikOto)
Jakarta -

Laksana Legacy SR3 resmi meluncur di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE, BSD City, Tangerang. Bodi bus terbaru Laksana ini hadir dalam dua varian, Standard dan Ultimate. Menariknya, varian Legacy SR3 Ultimate yang ditampilkan hadir dengan desain elegan tanpa sekat kaca depan dan selendang. Apa alasannya ya?

Dijelaskan Technical Director Laksana, Stefan Arman, Legacy SR3 Ultimate yang dihadirkan merupakan versi XHD dengan model Panorama Series, jadi bus ini menggunakan kaca depan tunggal (single glass) untuk memberikan pengalaman berkendara lebih menyenangkan buat para penumpang, dengan pandangan ke depan yang luas.

Pada model Legacy SR2 Panorama, yang dihilangkan hanya sekat kaca depan. Nah di varian Legacy SR3 Ultimate Panorama, lebih disempurnakan dengan menghilangkan kedua selendang di bagian samping.

Laksana Legacy SR3 UltimateLaksana Legacy SR3 Ultimate Foto: (Luthfi Anshori/detikOto)

"Yang Ultimate ini memang versi single glass atau panorama. Jadi kita ingin membikin tampilan yang benar-benar tidak mengganggu pandangan, baik ke depan maupun ke samping. Maka itu di sisi samping kita khususkan, dibuat relatif polos (tanpa selendang). Jadi pandangan luas, namun secara estetika busnya juga lebih elegan, semoga cocok (buat pelanggan)," kata Stefan di arena GIIAS 2022 (12/8/2022).

Sebagai informasi, generasi terbaru Legacy SR3 diklaim tampil lebih gagah, elegan, dan dilengkapi teknologi terdepan. Bus ini dirancang khusus dengan fitur Front Under-run Protection System (FUPS) yang telah mengikuti uji ketahanan standar seperti bus di negara-negara Uni Eropa. Dengan inovasi itu, Legacy SR3 ini disiapkan untuk meminimalisasi risiko mobil terapit ketika terjadi tabrakan langsung dengan bus.

FUPS disebut termasuk dalam regulasi UN ECE R93 yang dinamakan Front Under-run Protection Device (FUDP), di mana material tersebut dapat menahan beban hingga 160KN. Legacy SR3 juga diklaim telah lulus uji khusus yang dibebankan pada lima titik seperti uji simulasi tabrak mobil, uji ketahanan, uji R93, uji standar kekuatan STKM 13B.

Ada dua model Legacy SR3 yang dirilis, yaitu tipe Standard dan Ultimate. SR3 desainnya lebih variatif, seperti lampu ornamen dalam kaca belakang, panel gendongan plafon. Pada bagian belakang varian Ultimate juga menyediakan emblem raw cowel, serta bagian samping disematkan emblem Ultimate.

Laksana Legacy SR3 UltimateLaksana Legacy SR3 Ultimate Foto: (Luthfi Anshori/detikOto)

SR3 masih mempertahankan ciri khas dari Legacy, bisa dilihat di bagian kanan dan kiri bumper. Selain itu, desain headlamp terbaru divariasi dengan lampu grille serta kombinasi detail foglamp. Pada bagian samping terdapat fitur lekukan panel body yang merupakan karakter utama. SR3 Ultimate juga dilengkapi dengan desain stoplamp yang modern. Geser ke interior, menonjolkan aksen gold, lalu proses produksi vacuum forming terkini dan produksi interior berlapis nuansa kayu.

"Kami berkomitmen untuk terus berinovasi menghadirkan kendaraan komersial Indonesia yang paling maju secara teknologi dan kelas dunia untuk tetap menyediakan pilihan-pilihan untuk transportasi yang aman, nyaman, modern, dan berkualitas bagi konsumen Indonesia. Upaya ini sebagai bentuk dukungan kebangkitan industri transportasi dan pariwisata," bilang Stefan.

"Laksana termotivasi untuk terus berinovasi dan berevolusi untuk memberikan produk terbaik dengan standar, keamanan, dan kualitas tinggi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Legacy SR3 Series menyajikan kesan elegan dan gagah, dilengkapi teknologi terdepan yang tidak hanya memberikan kenyamanan, juga keamanan bagi para penggunanya," tukasnya.



Simak Video "Fresh dan Mewah! Wujud Bus Laksana Legacy SR3"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT