ADVERTISEMENT

Banyak Dicari di Google, Mobil-Motor Listrik Bikin Orang Penasaran

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 09 Agu 2022 21:07 WIB
Wuling Air ev
Foto: Mobil listrik Wuling Air ev (Luthfi Anshori/detikOto)
Jakarta -

Kendaraan listrik mulai bikin penasaran masyarakat Indonesia. Buktinya, pencarian kendaraan listrik di Google meningkat.

Data Google Trends di Indonesia menunjukkan, penelusuran terkait merek mobil yang memproduksi kendaraan listrik naik 300% selama periode satu tahun dari 2020 sampai 2021. Itu termasuk kendaraan listrik berbasis baterai, kendaraan hybrid, serta kendaraan plug-in hybrid.

Menurut Google Indonesia, konsumen menggunakan Google Search dan YouTube untuk memulai - dan menyelesaikan - perjalanan pembelian mereka. Disebutkan, penelusuran untuk topik terkait kendaraan hybrid naik 53% selama periode yang sama. Sementara penelusuran dengan kata kunci terkait mobil listrik naik 60% di YouTube.

Tak cuma mobil hybrid, sepeda motor listrik juga bikin orang penasaran. Selama periode yang sama, penelusuran untuk "motor listrik" di YouTube naik 85%.

"Kita tentu dapat melihat bahwa orang Indonesia ingin tahu tentang kendaraan listrik, tetapi kita juga melihat keinginan yang lebih besar untuk membelinya," kata Karlina Ayuningtyas, Industry Analyst, Google Indonesia.

Karlina melanjutkan, penelusuran harga kendaraan listrik mencapai 35% dari pencarian terkait kendaraan listrik secara keseluruhan. Sementara 29% dari penelusuran terkait kendaraan hybrid adalah pencarian untuk informasi harga.

"Ini menunjukkan peluang besar bagi merek yang mencoba untuk merebut generasi konsumen yang baru ini, yang 90% di antaranya mencari informasi tentang kendaraan listrik secara online," ucap Karlina.

Dia menyebut, pencarian terhadap kendaraan bermotor baru di Google juga meningkat dalam setahun ke belakang. Hal ini membuktikan minat terhadap otomotif mulai meningkat setelah anjlok karena pandemi COVID-19.

"Dua tahun belakang ketika pandemi industri otomotif salah satu terdampak. Demand drop down. Sekarang kebutuhan akan otomotif mulai recovery. Bahkan mulai Mei 2022 kurva (pencarian mobil baru di Google) naiknya lumayan banget, 64% kenaikan year on year (dibanding tahun sebelumnya)," kata Karlina dalam acara "Media Briefing: The Automotive Industry and the Road to Recovery", Selasa (9/8/2022).



Simak Video " Waduh! Google Salah Transfer Uang ke Blogger Rp 3,7 Miliar"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT