ADVERTISEMENT

Viral Fortuner Terobos Contraflow, Bisa Sebabkan 'Adu Kambing'

Tim detikcom - detikOto
Senin, 08 Agu 2022 14:41 WIB
Viral Fortuner Terobos Jalur Contraflow
Viral Fortuner Terobos Jalur Contraflow (Foto: Instagram @dashcam_owners_indonesia_)
Jakarta -

Sebuah mobil Toyota Fortuner tertangkap kamera menerobos jalur contraflow di jalan tol. Video itu viral di media sosial.

Video Fortuner menerobos jalur contraflow diunggah akun instagram Dashcam Owners Indonesia. Peristiwa itu dilaporkan terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, akhir pekan kemarin.

Tampak dalam video, awalnya Fortuner berkelir hitam itu melaju terlalu ke kanan, mepet dengan jalur contraflow. Saat itu lalu lintas memang terlihat padat. Saat jalur contraflow agak kosong, Fortuner bernomor polisi H 805 BS itu langsung masuk ke jalur contraflow.

"lokasi di jalan tol cikampek km 57 arah jakarta hari jumat tanggal 5 agustus," tulis Dashcam Owners Indoensia di Instagram.

[Gambas:Instagram]



Terkait kejadian ini, detikcom menanyakan langsung kepada Direktur Penegakan Hukum (Dirgakum) Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan. Namun, sampai berita ini ditulis Aan belum memberikan jawaban.

Sementara itu, praktisi keselamatan berkendara dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), SonySusmana, mengatakan tindakan yang dilakukan pengendara Toyota Fortuner ini sangat berbahaya. Bahkan, tindakan ini bisa menimbulkan kecelakaan fatal.

"Jelas membahayakan dan berpotensi kecelakaan apalagi kemungkinannya tabrakan adu kambing, yaitu benturan yang terjadi membuat momentum besar di antara 2 mobil yang berlawanan arah. Cederanya bisa parah bahkan sampai hilang nyawa," kata Sony kepada detikcom, Senin (8/8/2022).

Menurut Sony, jalur contraflow di jalan tol dibuat dengan pertimbangan untuk kepentingan umum. Biasanya contraflow dibuat dua arah tapi sifatnya situasional untuk mengurai kemacetan. Menerobos jalur contraflow yang berlawanan arah jelas mengancam nyawa.

"Jalan tol yang satu arah aja potensi tabrak belakangnya besar apalagi berhadapan dengan arah yang berlawanan," sebutnya.

Selain itu, kata Sony, ada juga risiko terjadinya konflik antar-pengguna jalan. "Bukan siapa yang kuat dan lemah yang jadi pertimbangan, tapi budaya keselamatan harus dikedepankan," tegasnya.



Simak Video "Beda Level! Hyundai Palisade Tak Sejajar dengan Pajero dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT