ADVERTISEMENT

Taksi Terbang Mengudara di Jakarta, Bakal Diuji Bawa Penumpang

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 02 Agu 2022 14:55 WIB
Taksi Terbang EHang 216 Mengudara di Jakarta
Taksi Terbang EHang 216 Mengudara di Jakarta (Foto: Dok. Prestige)
Jakarta -

Taksi terbang sudah mengudara di Indonesia. Meski baru uji coba, taksi terbang ini memastikan aman digunakan ketika mengudara. Taksi terbang yang sudah mengudara ini adalah EHang 216.

Taksi terbang EHang 216 ini dibawa oleh Prestige Aviation. Taksi terbang ini melakukan demo flight di tengah Kota Jakarta. Namun, taksi terbang ini belum membawa penumpang manusia, melainkan baru membawa dummy atau boneka sebesar manusia asli dengan bobot seberat penumpang dewasa.

Meski begitu, uji coba taksi terbang di langit Indonesia ini sudah menunjukkan progress-nya. Sebelumnya, taksi terbang ini cuma diuji coba melayang di udara di titik yang sama. Akhir pekan kemarin, taksi terbang ini diuji terbang dari titik A ke titik B.

Banyak step yang kita lewati untuk sampai pada hari ini. Jika demo flight sebelumnya kita hanya hovering (melayang di titik yang sama), hari ini kita melakukan Urban Flying Route Demo, di mana EHang 216 terbang dari 2 titik point penerbangan yang sangat akurat. Tidak hanya itu, ada dummy sebesar dan seberat manusia juga menjadi penumpangnya. Keberhasilan Urban Flying Route Demo ini membuktikan EHang 216 mampu untuk melakukan the ultimate test, yaitu membawa passenger dalam waktu dekat," kata Rudy Salim, Executive Chairman Prestige Aviation.

Taksi terbang ini diklaim lebih unggul daripada helikopter biasa. Antara lain biaya perbaikan dan pemeliharaan rendah, tingkat kebisingan rendah, berukuran kecil sehingga mudah lepas landas atau mendarat. Kendaraan udara otonom ini bebas emisi, 100% elektrik sehingga ramah lingkungan.

Teknologi penerbangan otonom menghilangkan kemungkinan kegagalan atau kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan manusia (human error). Tanpa perlu ribet mengontrol atau mengoperasikan pesawat, penumpang bisa langsung duduk dan menikmati perjalanan.

Dengan menggunakan tenaga listrik, EHang 216 ramah lingkungan dan dapat mengurangi kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh emisi. Pengisian daya dapat menggunakan sumber daya listrik 220V atau 380V dalam 1 jam pengecasan paling cepat.

Tian Xing He, perwakilan dari EHang mengapresiasi seluruh support stakeholders pada demo flight ini. Menurutnya, taksi terbang ini pertama kali mengudara di Indonesia.

"Penerbangan EHang pada PEVS 2022 menjadi yang pertama di Indonesia untuk demo flight dari Titik A ke Titik B," ujar Tian Xing He.



Simak Video "Taksi Terbang Siap Mengudara! Sudah Dipesan 100 Unit"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT