ADVERTISEMENT

Apa Kabar Mobil Patroli Listrik, Pak Polisi?

Aulia Risyda - detikOto
Sabtu, 23 Jul 2022 09:48 WIB
Tesla model 3 jadi armada patroli Korlantas Polri
Mobil Patroli listrik Tesla Model 3 Foto: Prestige Image Motorcars
Jakarta -

Jika detikers ingat, Korlantas Polri telah melakukan pengujian pada mobil listrik Tesla, untuk menjadi armada Patroli Koprs Lalu Lintas (Korlantas) Polri. Hmm, kira-kira sudah sampai mana pengujiannya ya?

DetikOto coba menelusuri hal tersebut, Korlantas Polri pun memberikan jawaban bahwa pihak kepolisian mengatakan belum akan menggunakan kendaraan listrik untuk dijadikan mobil patroli.

"Belum ada," jawab Kakorlantas Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi dalam pesan singkatnya kepada detikOto.

Dalam pemberitaan detikOto sebelumnya, pada Jumat 25 Februari 2021 lalu, Koprs Lalu Lintas (Korlantas) Polri, mendapat pinjaman mobil listrik Tesla untuk menjadi armada patroli dari Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Tesla yang digunakan merupakan Model 3. Acara penyerahan satu unit Tesla Model 3 itu diadakan pada hari Kamis, 25 Februari 2021 Jam 14:00 WIB di Lapangan NTMC Korlantas POLRI. Acara penyerahan simbolis Tesla diberikan langsung kepada Irjen. Pol. Drs. Istiono, M.H dariKorlantas POLRI, serta dihadiri perwakilan dari IMI seperti Rifat Sungkar (wakil ketua IMI), Effendy Gunawan (bendahara IMI), dan Presiden Direktur Prestige Motorcars Rudy Salim.

"Hari ini kita kedatangan tamu teman-teman dari IMI, tidak saja bersilaturahmi tapi banyak hal yang kita bicarakan untuk program-program ke depan kerja sama dan plus nya lagi hari ini IMI datang ke sini memberikan hibah satu kendaraan Tesla untuk patroli lalu lintas kita," ujar Istiono melalui keterangan tertulis, Kamis (25/2/2021) kala itu.

Sementara itu, Badan Pengawas IMI, Syamsul Bahri mengatakan hibah satu mobil Tesla untuk patroli lalu lintas ini merupakan awal dari kerja sama IMI dengan Korlantas. Syamsul berharap mobil listrik ini bisa dipergunakan untuk menunjang kinerja jajaran Polantas.

Tesla model 3 jadi armada patroli Korlantas PolriTesla model 3 jadi armada patroli Korlantas Polri Foto: Prestige Image Motorcars

"Kami memberikan support kepada bapak Kakorlantas untuk kiranya bekerja sama dan memulai melanjutkan program pemerintah yang mana saat ini sudah beralih dari berbahan fosil ke berbahan listrik," kata Syamsul waktu itu.

Dalam foto yang dibagikan, Tesla model 3 yang dipinjamkan sudah dilapisi stiker dengan warna mobil kepolisian. Di bodi mobil tepatnya di sisi kiri dan kanan pintu terdapat garis panah berwarna merah.

Tesla Model 3 bisa dibilang sebagai mobil listrik Tesla paling murah. Memang harganya masih lebih murah daripada Tesla Model S dan Tesla Model X. Namun, Tesla Model 3 ketika dijual di Indonesia harganya masih mencapai miliaran rupiah.

Memang harganya masih miliaran rupiah. Tapi setidaknya Tesla Model 3 menawarkan keunggulan lantaran lebih ramah lingkungan. Sebagai mobil listrik Tesla Model 3 tidak mengeluarkan polusi. Selain itu, mobil listrik ini juga tak perlu perawatan khusus seperti mobil bermesin bakar yang butuh ganti oli dan sebagainya.

Tesla Model 3 di Indonesia dijual dengan tiga varian, yaitu Standard Range Plus, Long Range, dan Performance.

Varian Standard Range Plus memiliki penggerak roda belakang dengan akselerasi 0-100 km per jam dalam 5,3 detik dengan kecepatan maksimum 225 km per jam.

Tesla model 3 jadi armada patroli Korlantas PolriTesla model 3 jadi armada patroli Korlantas Polri Foto: Prestige Image Motorcars

Sementara Long Range punya penggerak semua roda (all wheel drive) dengan akselerasi 0-100 km per jam dalam 4,4 detik dan punya kecepatan maksimum 233 km per jam. Sedangkan untuk tipe Performance dengan penggerak semua roda, punya akselerasi 0-100 km per jam dalam 3,2 detik dengan kecepatan maksimum 261 km per jam.

Jarak tempuh masing-masing varian juga berbeda. Klaimnya, Standard Range Plus mampu mencapai jarak tempuh hingga 386 km, Long Range dan Performance hingga 499 km dalam satu kali pengisian daya.

Selain itu, fitur futuristik yang hadir dalam menunjang kenyamanan dan keamanan pada Tesla Model 3, antara lain : Autopilot Mode, Recirculating Air Quality Mode, Layar Sentuh Futuristik 15 Inci, Sistem Audio dengan 15 speakers, 1 subwoofer, dan 2 amps, serta Tinted Glass Roof berteknologi penangkal sinar UV & infrared.

"Kami dari Prestige Motorcars siap memberikan dukungan penuh terhadap program pemerintah dan IMI. Dimana agenda IMI sendiri yaitu mempercepat penggunaan kendaraan bermotor berbasis baterai. Oleh sebab itu, unit Tesla Model 3 sudah kami siapkan untuk memperkenalkan Tesla di jajaran kepolisian RI," kata Rudy Salim dalam keterangan yang diterima detikcom, Kamis (25/2/2021) waktu itu.



Simak Video "Korlantas: Belum Bayar Pajak STNK Bisa Ditilang"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT