ADVERTISEMENT

VW Mau Bikin Pabrik Olahan Nikel di Indonesia, Sudah Datang ke Batang

Dina Rayanti - detikOto
Kamis, 21 Jul 2022 08:07 WIB
Logo VW
VW dikabarkan tertarik bangun pabrik pengolahan nikel di Indonesia. (Foto: Ari Saputra/detikoto)
Jakarta -

Satu lagi pabrikan raksasa dunia berpeluang datang ke Indonesia untuk melakukan investasi kendaraan listrik. Yang terbaru adalah Volkswagen.

Pabrikan asal Jerman Volkswagen (VW) dikabarkan tertarik untuk menanamkan investasinya di Indonesia. Menteri Investasi sekaligus Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut VW bakal masih ke Kawasan Industri Terpadu (KIT) di Batang, Jawa Tengah. Bahkan kata Bahlil, VW sudah melakukan kunjungan langsung ke Batang.

Ia juga sudah bertemu langsung dengan VW untuk membahas investasi tersebut. Bahlil pun optimis rencana tersebut bisa terealisasi.

"VW akan melakukan investasi, akan dilakukan di Sulawesi, processor di Batang. Doakan saja, tapi itu baru 60-70%, nanti tim mereka akan datang. Tapi feeling saya akan masuk. Di Sulawesi kontrak pertama sudah masuk. Sekarang masih negosiasi karena minta insentif dan minta kapasitas cadangan ore nikel, sedang kita siapkan. VW masuk tahun ini," kata Bahlil dikutip CNBC Indonesia.

Dalam akun instagram BKPM, disebutkan bahwa Bahlil terus mendorong agar Indonesia mengambil peranan penting dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di dunia, mengingat Indonesia memiliki cadangan bijih nikel sebanyak 25% dari seluruh cadangan dunia.

Chief Procurement Officer Volkswagen Jorg Teichmann juga menyampaikan bahwa VW berencana membangun pabrik pengolahan nikel di Indonesia dan akan kembali ke Indonesia dalam waktu dekat guna membahas rencana investasi tersebut.

VW diketahui sudah memiliki fasilitas perakitan di Cikampek, Jawa Barat. Salah satu produknya, VW Tiguan Allspace, dirakit melalui anak perusahaan Indomobil, yaitu PT. National Assemblers.

Pabrik tersebut memiliki kapasitas produksi sebesar 6.000 unit. VW sendiri tengah berencana untuk bisa memproduksi mobil di dalam negeri. Dengan begitu, harga jual mobil VW bisa lebih kompetitif dan bersaing dengan para rivalnya di tanah air.



Simak Video "Desainnya Nyentrik, VW ID.Buzz Ternyata Laris Manis di Eropa"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT