ADVERTISEMENT

Sudah Tahu Belum? Ini Jalan Tol Pertama di Indonesia

Dina Rayanti - detikOto
Minggu, 17 Jul 2022 08:13 WIB
PPKM Darurat telah memasuki hari ke-11. Arus lalu lintas di tol Jakarta–Bogor–Ciawi (Jagorawi) lancar.
Tol Jagorawi merupakan jalan tol pertama di Indonesia. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Berbagai ruas jalan tol kini terbentang hampir di seluruh wilayah Indonesia. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mencatat hingga Februari 2022 jalan tol di sudah terbentang sepanjang 2.493,64 km mulai dari Pulau Jawa hingga Kalimantan. Tapi tahukah kamu di mana jalan tol pertama di Indonesia?

Tahun 1978 merupakan hari perdana jalan tol pertama di Indonesia beroperasi. Jalan tol itu adalah jalan tol Jagorawi yang menghubungkan Jakarta, Bogor, Ciawi. Jalan Tol Jagorawi memiliki panjang 59 km (termasuk jalan akses).

Pembangunan tol Jagorawi pertama kali dilakukan tahun 1975. Kala itu pemerintah menggunakan anggaran dan pinjaman dari luar negeri yang kemudian diserahkan ke PT Jasa Marga sebagai penyertaan modal.

Pembangunan tol Jagorawi dimulai dari Cawang hingga Cibinong. Kemudian pada sesi kedua pembangunan dilanjutkan mulai dari Cibinong ke Ciawi. Semakin ke sini, jalan Tol Jagorawi terus berkembang.

Saat ini Tol Jagorawi sudah tersambung dengan Jalan Tol Dalam Kota, Jalan tol Lingkar Luar Jakarta, dan Bogor Ring Road. Pelayanan di Tol Jagorawi pun terus ditingkatkan dengan melakukan pelebaran jalan, pemindahan Gerbang Tol ke Cimanggis, serta penambahan sarana tempat istirahat, dan tidak ketinggalan perubahan sistem transaksi.

Contohnya untuk ruas Taman Mini-Citereup telah memiliki 4x2 lajur, lalu Citeureup-Simpang Susun Bogor telah memiliki 3x2 lajur.

Jalan Tol Jagorawi memberlakukan Sistem Transaksi Terbuka sejak berlakunya Peraturan Menteri PUPR Tanggal 31 Agustus 2017. Pada transaksi Terbuka, pengguna jalan langsung melakukan pembayaran di gerbang masuk atau gerbang keluar.

Untuk yang melakukan perjalanan ke arah Jakarta, pembayaran dilakukan di gerbang masuk sedangkan untuk yang melakukan perjalanan ke arah Bogor pembayaran dilakukan di setiap gerbang keluar. Sejak tahun 2017, jalan Tol Jagorawi juga hanya melayani transaksi non-tunai dengan menggunakan uang elektronik di Gardu Tol Otomatis maupun Semi Otomatis.

Saat ini sudah ada 12 gerbang tol di ruas tol Jagorawi, berikut daftarnya.
1. Gerbang Tol Ciawi
2. Gerbang Tol Bogor
3. Gerbang Tol Sentul Selatan 1 dan 2
4. Gerbang Tol Sentul 1 dan 2
5. Gerbang Tol Citereup, Cibinong
6. Gervang Tol Kranggan
7. Gerbang Tol Gunung Putri
8. Gerbang Tol Cimanggis 1,2, dan 3
9. Gerbang Tol Cibubur 1 dan 2
10. Gerbang Tol Pasar Rebo
11. Gerbang Tol Dukuh
12. Ramp Taman Mini



Simak Video "Tahu Kah Kamu? Ternyata Ini Jalan Tol Pertama di Indonesia!"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT