ADVERTISEMENT

Bisa Dipakai Buat BAB, Ini Penampakan Toilet di Bus Double Decker PO Juragan 99

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 14 Jul 2022 07:22 WIB
Bus double decker PO Juragan 99 garapan karoseri Adiputro
Penampakan toilet di bus double decker PO Juragan 99 garapan Adiputro. (Foto: Yohan Setiawan/Adiputro)
Jakarta -

Bus double decker terbaru PO Juragan 99 memiliki sejumlah terobosan. Salah satu yang paling menarik adalah fasilitas toilet yang bisa digunakan untuk aktivitas Buang Air Besar (BAB).

Untuk diketahui, umumnya fasilitas toilet yang ada di bus-bus Indonesia hanya bisa digunakan untuk buang air kecil, itupun dengan syarat bus harus dalam kondisi berjalan. Sebab bus tidak memiliki tangki untuk menampung hasil pembuangan itu.

Nah, pada bus double decker PO Juragan 99 yang dibuat karoseri Adiputro asal Malang, Jawa Timur, segala keterbatasan itu dihilangkan. Toilet pada bus double decker PO Juragan 99 bisa juga dipakai untuk BAB dan saat kondisi bus berhenti. Ini karena bus tersebut memiliki tangki pembuangan.

Bus double decker PO Juragan 99 garapan karoseri AdiputroBus double decker PO Juragan 99 garapan karoseri Adiputro Foto: Yohan Setiawan/Adiputro

"Bisa (digunakan saat bus berhenti). Jadi ada tandonnya yang isinya bakteri pengurai, asli impor dari luar negeri," ujar Supervisor Finishing Bus Adiputro, Yohan Setiawan, kepada detikOto, Kamis (13/7/2022).

Posisi toilet ini terletak di dek bawah, tepatnya dekat pintu masuk dan dekat dengan tangga menuju ke dek atas. Toilet ini letaknya bersebelahan dengan smooking room atau ruang khusus merokok.

Sebelumnya sang pemilik PO Juragan 99, Gilang Widya Pramana, mengatakan toilet di bus double decker terbaru miliknya sudah bisa dipakai buat BAB. Toilet itu memiliki tempat penampungan khusus yang tidak dimiliki toilet-toilet bus pada umumnya.

"kita sudah menggunakan bio tank, jadi bisa BAB di dalam bus," kata Gilang menjawab salah satu komentar warganet di postingan Instagram resminya, beberapa waktu lalu.

Bus double decker PO Juragan 99 garapan karoseri AdiputroBus double decker PO Juragan 99 garapan karoseri Adiputro Foto: Yohan Setiawan/Adiputro

Sekadar informasi, sebelumnya PO Juragan 99 Trans dikenal dengan layanan bus pariwisatanya. PO ini punya 14 armada bus pariwisata, terbagi menjadi satu armada Luxury, dua armada Premium, dan sebelas armada Executive.

Adapun bus tingkat teranyar PO Juragan 99 akan digunakan sebagai angkutan AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) trayek Malang - Jakarta. Bus ini didesain untuk kenyamanan penumpang. Itu alasan mengapa kapasitas kursi di bus ini hanya dibuat 15 kursi, dengan 3 kursi jenis sleeper.

Salah satu fasilitas unggulan di bus double decker ini adalah kursi captain seat, dengan ukuran yang sangat lebar, serta sudah mengadopsi model kursi social distancing dengan konfiguras 1-1-1.

Kursi ini juga sudah dilengkapi dengan pengaturan secara elektrik untuk menyetel sudut kemiringan kursi dan juga foot rest (pijakan kaki). Menariknya, sudah ada fasilitas hiburan berupa TV di setiap seat-nya.



Simak Video "Penyesuaian Harga BBM, Tarif Bus AKAP Ekonomi Resmi Naik"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT