ADVERTISEMENT

Jembatan Antilope Tak Bisa Dilintasi Kendaraan 1,7 Meter, Ini Rute Alternatifnya

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 16 Jun 2022 18:16 WIB
Bekasi -

Jembatan Antilope di Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat, kini hanya bisa dilewati kendaraan tertentu. Ini lantaran di atas jembatan ada instalasi girder box untuk jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung, sehingga kendaraan yang tingginya lebih dari 1,7 meter tidak bisa lewat. Adakah rute altenatifnya?

Pantauan detikOto di lokasi, kendaraan roda dua masih bisa melintas, sedangkan untuk mobil, hanya model low MPV seperti Toyota Avanza saja yang bisa lewat. Sementara mobil lain seperti Toyota Rush, Isuzu Panther, Daihatsu Gran Max, hingga Toyota Innova, tidak bisa lewat jembatan ini.

"Mobil yang masih bisa lewat paling hanya Avanza, Mobilio, atau sedan. Kalau kendaraannya tinggi kayak Fortuner atau truk boks, itu udah pasti nggak bisa lewat. Langsung kita suruh putar balik," terang Anas, petugas pengatur lalu lintas di Jembatan Antilope, kepada detikOto, Kamis (16/6/2022).

Jembatan Antilope di Curug Pondok Gede Bekasi tak bisa dilewati kendaraan dengan tinggi lebih dari 1,7 meterJembatan Antilope di Curug Pondok Gede Bekasi tak bisa dilewati kendaraan dengan tinggi lebih dari 1,7 meter Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Menurut Anas, kendaraan yang tidak bisa melewati Jembatan Antilope akan diarahkan ke rute alternatif. "Banyak pilihannya, bisa lewat Jatiwaringin atau Jatibening. Paling jadi nambah lama sekitar 10 menit," sambung Anas.

Dikutip dari detikNews, ada sejumlah rute alternatif bagi pengendara yang ingin menghindari Jembatan Antilope. Antara lain:

A. Kendaraan dari arah Jalan Kemang Raya menuju Jalan Kalimalang dialihkan menuju overpass Kodam/Overpass Kapin.

B. Kendaraan dari arah Jalan Kalimalang yang akan menuju Jalan Kemang Raya dialihkan menuju overpass Kodam/Overpass Kapin.

C. Kendaraan dari arah Jalan Curug yang akan menuju Jalan Kemang Raya bisa dialihkan menuju overpass Kodam/Overpass Kapin.

D. Kendaraan dari arah Jalan Kemang Raya yang akan menuju Jalan Curug Raya dialihkan menuju overpass Kodam/Overpass Kapin.

E. Kendaraan dari Jalan Anugerah yang akan menuju Jalan Kalimalang bisa melalui Jembatan Jatiwaringin atau overpass Kodam.

Dengan adanya pemasangan girder box tersebut, Jembatan Antilope kini hanya bisa dilintasi kendaraan dengan ketinggian maksimal 1,7 meter, seperti sepeda motor dan mobil sedan, dengan pengawasan ketat.

Secara paralel, pembangunan fasilitas jembatan baru pengganti Jembatan Antilope sedang berprogres dan ditargetkan selesai 10 Agustus 2022. Setelah selesai, jembatan existing akan dibongkar dan arus lalu lintas sepenuhnya dialihkan ke jembatan baru.

(lua/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT