Keren Banget! Marka Jalan di Australia Glow in The Dark

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 25 Mei 2022 20:54 WIB
Marka Jalan Glow In The Dark
Foto: Marka jalan glow in the dark. Dok. Tarmac Linemarking
Victoria -

Marka jalan di jalanan Australia ini lebih canggih. Dengan glow in the dark atau bersinar dalam gelap, marka jalan ini menjadi lebih terlihat terutama di malam hari.

Seperti diketahui, visibilitas menjadi kunci keselamatan berkendara. Perusahaan konstruksi jalan di Australia, Tarmac Linemarking, telah dipilih oleh otoritas keselamatan transportasi jalan VicRoads, Australia untuk menyediakan marka jalan ini.

Mereka bekerja sama dengan perusahaan OmniGrip untuk uji coba marka jalan photo-luminescent atau glow in the dark. Marka jalan glow in the dark ini akan dipasang di jalan-jalan tertentu di negara bagian Victoria, Australia.

Penerapan marka jalan menyala dalam gelap adalah bagian dari program keselamatan jalan oleh Regional Roads Victoria. Ini merupakan salah satu dari tiga perawatan dalam Paket Inovatif negara bagian yang telah menginvestasikan AUD$4 juta (Rp 41,3miliar juta). Marka jalan glow in the dark ini diaplikasikan di 70 lokasi di seluruh wilayah Victoria.

Dalam postingan Facebook, Tarmac Linemarking menyatakan marka jalan ini bisa dinikmati oleh penduduk di Gippsland, Phillip Island.

Selain marka jalan glow in the dark, negara bagian Australia itu juga menggarap program keselamatan dengan menyediakan marka garis jalan yang memiliki reflektifitas yang lebih tinggi. Marka jalan itu ditambahkan manik-manik kaca yang lebih tebal dan termoplastik pada cat marka jalan.

Selanjutnya, disediakan juga lampu LED di penyeberangan pejalan kaki yang terdapat lampu lalu lintas. LED itu akan menyala dan menyorot ke trotoar dengan warna sesuai sinyal di lampu lalu lintas. Hal ini diterapkan untuk menambah visibilitas ke pejalan kaki, terutama bagi mereka yang memiliki gangguan penglihatan atau mereka yang terganggu fokusnya.



Simak Video "Nyetir Lama di Jalan Tol Bisa Kena 'Highway Hypnosis', Apa Itu?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)