4 Rest Area di Trans Jawa yang Instagramable

ADVERTISEMENT

4 Rest Area di Trans Jawa yang Instagramable

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 06 Mei 2022 10:13 WIB
Bila melintasi Tol Trans Jawa arah Semarang-Solo, jangan lupa mampir di rest area ini. Megah dan Indah kesan yang dirasakan saat singgah di Resta Pendopo 456 Salatiga.
Rest area di Tol Trans Jawa yang Instagramable. (Foto: Rachman/detikcom).
Jakarta -

Di sepanjang Tol Trans Jawa tersedia bnayabanyak tempat istirahat atau rest area. Selain untuk beristirahat, makan, ibadah, atau ke toilet, ada beberapa rest area yang bisa dijadikan spot foto-foto saat kamu mampir.

Mengutip situs Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), setidaknya ada empat rest area yang Instagramable di sepanjang Jalan Tol Trans Jawa. Para pemudik atau yang ingin balik ke kota asal bisa mampir sambil foto-foto. Di mana saja lokasiya?

1. Rest Area KM 260B (Tol Pejagan - Pemalang)

Di rest area ini terdapat bangunan dengan konsep pabrik gula Banjaratman peninggalan Belanda yang sangat vintage dengan aksen batu bata kesan zaman dahulu. Bangunan vintage ini dapat dinikmati oleh para pemudik yang hendak menuju Pejagan hingga Pemalang.

Beberapa spot foto populer, antara lain tungku bekas pabrik gula, mesin gilas pabrik gula, permainan perosotan, masjid, hingga ilalang. Terdapat wahana permainan seluncuran warna-warni atau perosotan panjang bernama Srodotan Donat.

2. Rest Area KM 429 (Tol Semarang - Solo)

Di rest area Km 429 Jalan Tol Semarang - Solo, kamu dapat menikmati beragam kuliner khas daerah hingga panorama Gunung Ungaran. Para pemudik juga dapat berfoto dengan pemandangan alam yang indah tanpa terhalang apa pun di puncak bukit.

Di rest area ini juga terdapat masjid megah dengan arsitektur kubah modern berwarna merah bulat dan corak berwarna kuning emas.

3. Rest Area KM 456 (Tol Semarang-Solo)

Rest area KM 456 ini terbilang unik. Resta Pendopo 456 punya Sky bridge atau jembatan penghubung antara bangunan rest area di ruas kanan dan kiri Jalan Tol. Di rest area ini ada beberapa spot foto mulai dari hamparan sawah hingga pemandangan Gunung Merbabu yang dinikmati dengan jelas saat cuaca cerah. Para pemudik juga akan merasakan suasana estetik dengan arsitektur bangunannya yang terlihat seperti di mal.

4. Rest area Bale Nglaras Km 487 (Tol Semarang-Solo)

Rest area yang terletak di Boyolali ini punya udara yang sejuk dan segar. Pengguna fasilitas rest area Bale Nglaras ini dapat beristirahat serta menikmati suasana Kota Susu pada bagian rooftop bangunan.

Dengan area rooftop yang cukup lebar, dihiasi dengan lantai berbentuk belah ketupat. Pengunjung rest area dapat berswafoto d isekitar rooftop tersebut.



Simak Video "Es Kopi Tarik, Racikan Kopi Excelsa di Rest Area Pendopo KM 456"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT