Yamaha Mau Bawa Motor Berbahan Bakar Ethanol ke Indonesia?

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 13 Apr 2022 19:41 WIB
Logo Yamaha
Yamaha dikabarkan sedang menyiapkan motor berbahan bakar etanol untuk India dan Indonesia. Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta -

Yamaha Motor bakal membawa sepeda motor berbahan bakar sintetis ke pasar Asia. Kabarnya, Indonesia menjadi salah satu target pasar untuk menjajakan motor berbahan bakar sintetis.

Bahan bakar sintetis itu dibuat dari bioetanol dan bahan mentah lainnya. Penggunaan bahan terbarukan untuk bahan bakar dipandang sebagai langkah untuk menuju dekarbonisasi.

Dalam sebuah wawancara dengan Nikkei Asia, Presiden Yamaha Motor Yoshihiro Hidaka mengungkapkan bakal membawa motor berbahan bakar sintetis ke Indonesia.

"Meskipun kami mungkin harus menyesuaikan beberapa spesifikasi, mesin pembakaran internal saat ini akan bekerja apa adanya, bahkan ketika (tangki) diisi dengan biofuel," ujar Hidaka dalam wawancara dengan Nikkei Asia.

Disebutkan, Yamaha telah menjual beberapa motor sport berbahan bakar campuran bensin dan etanol di Brasil. Yamaha mengungkapkan akan segera meluncurkan motor serupa di negara-negara Asia seperti India dan Indonesia. Yamaha dilaporkan sedang menegosiasikan rincian peluncuran tersebut dengan pihak berwenang melalui asosiasi industri lokal di India dan Indonesia.

Asia sendiri menjadi pasar terbesar bagi Yamaha. Lebih dari 80% penjualan Yamaha disumbangkan oleh pasar Asia. Selain motor berbahan bakar etanol, Yamaha juga menyiapkan strategi elektrifikasi. Pabrikan berlogo garpu tala itu berencana memperkenalkan lebih dari 10 motor listrik secara global pada 2024.

"Kami tidak terburu-buru untuk meluncurkan semua jenis motor listrik di kawasan Asia," ujarnya.

"Kita akan mulai dengan model dengan emisi CO2 rendah, (seperti sepeda motor bahan bakar sintetis) dan secara bertahap memperluas jajarannya," kata Hidaka.

Meski tantangan tetap ada dalam hal infrastruktur produksi dan pasokan bioetanol, Hidaka optimistis. "Kami telah mendengar bahwa pemerintah India sangat antusias dengan biofuel yang dapat mengurangi emisi CO2," katanya.



Simak Video "Abis Lebaran, Motor Listrik Yamaha Bisa Dites Masyarakat!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)