ADVERTISEMENT

Ada Kabar Harga Pertamax Bakal Naik, Antrean di SPBU Mengular ke Jalan Raya

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Kamis, 31 Mar 2022 19:27 WIB
antrean di SPBU Pertamina tampak mengular
Antrean di SPBU mengular hingga jalan raya. Foto: (Instagram/reshadeco)
Jakarta -

Kabar harga Pertamax akan naik mulai 1 April 2022 membuat sejumlah SPBU Pertamina hari ini diserbu masyarakat. Alhasil, antrean panjang menjalar hingga ke jalan raya.

Momen tersebut berhasil diabadikan oleh salah satu pemilik akun Instagram Resha Deco Pratama @reshadeco. Dalam video yang diunggah di Instagram Stories, Resha memperlihatkan puluhan mobil tengah antre menuju sebuah SPBU Pertamina pada Kamis (31/03/2022).

Terlihat antrean mobil tersebut menjalar hingga ke jalan raya. Mobil yang tengah antre untuk mengisi bensin di SPBU Pertamina itu bahkan sampai memakan satu jalur di sebelah kiri.

Menurut penuturan Resha, antrean panjang ini terjadi di SPBU Pertamina Bintaro Jaya Sektor 9, Tangerang Selatan. Saat melintas di jalan tersebut, Resha telah melihat antrean yang cukup panjang sejak siang hari.

"Itu di SPBU Pertamina Sektor 9 Bintaro Jaya. Jam 12.40 WIB antreannya tadi gue lihat," kata Resha saat dihubungi detikcom, Kamis (31/3/2022).

Namun, beberapa jam setelahnya atau tepatnya pukul 13.30 WIB antrean di SPBU Pertamina tersebut mulai berangsur berkurang. Ia juga menuturkan jika antrean di SPBU Pertamina itu terjadi pada bagian Pertamax dan Pertamax Turbo.

"Antreannya di stasiun pengisian Pertamax dan Pertamax Turbo, dia ada di bagian depan," jelasnya.

Akibat antrean mobil yang membludak, Resha juga menuturkan jika situasi jalan di sekitar lokasi SPBU Pertamina Bintaro Jaya Sektor 9 sempat macet.

"Macet dikit doang," paparnya.

Diberitakan sebelumnya, harga Pertamax atau BBM RON 92 dipastikan bakal naik pada 1 April 2022. Harga Pertamax diprediksi berada di kisaran Rp 12.000 per liter dari saat ini di kisaran Rp 9.000 per liter.

Dikutip detikFinance, hal itu dibenarkan oleh Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama atau kerap disapa Ahok. Ia mengatakan, harga Pertamax masih lebih rendah dari harga BBM sejenis yang dijual kompetitor. Hal itu dilakukan agar masyarakat tidak terlalu berat.

Warga melakukan pengisian BBM jenis Pertamax di SPBU Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (30/3/2022). Kabar berhembus BBM Ron 92 Pertamax bakal naik pada 1 April 2022. Kenaikan harga ini memang santer dikabarkan seiring dengan melejitnya harga minyak dunia.Warga melakukan pengisian BBM jenis Pertamax di SPBU Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (30/3/2022). Kabar berhembus BBM Ron 92 Pertamax bakal naik pada 1 April 2022. Kenaikan harga ini memang santer dikabarkan seiring dengan melejitnya harga minyak dunia. Foto: Agung Pambudhy

"Ya (lebih murah). Supaya masyarakat tidak terlalu berat dan SPBU swasta tidak bisa naikkan terlalu tinggi dengan harga minyak Indonesia ICP sudah US$ 114/barel mulai berlaku 1/4," kata Ahok.

Sementara itu, sumber detikcom menyebut harga Pertamax akan di bawah harga BBM yang dijual Shell. Shell sendiri menjual Shell Super dengan RON 92 dengan harga Rp 12.990 per liter.

"Di bawah 12.900, (sekitar) Rp 12.400-12.500-12.600 gitu lah," ungkap narasumber tersebut.



Simak Video "Belum Genap Sebulan Harga Pertamax dkk Naik Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT