Kemenhub Sediakan Shuttle Bus Gratis ke Sirkuit Mandalika

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 14 Mar 2022 10:07 WIB
Armada bus di Terminal Garut kembali beroperasi usai pelarangan mudik lebaran selama lebih dari sepekan terakhir. Para calon penumpang yang hendak naik harus memiliki surat bebas COVID-19.
Ilustrasi bus. Foto: Hakim Ghani/Detikcom
Jakarta -

Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP Mandalika) akan digelar di Pertamina International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada 18-20 Maret 2022. Bagi kamu yang baru datang ke Mandalika dan ingin langsung menuju ke arena sirkuit, Kemenhub menyediakan shuttle bus gratis.

Seperti diinformasikan dalam akun Instagram resmi Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) @itdc_id, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendukung pelaksanaan MotoGP Mandalika di bidang transportasi, dengan menyediakan enam rute bus gratis.

Adapun keenam rute bus gratis ini yakni Sirkuit Mandalika-Pelabuhan Bangsal, Sirkuit Mandalika-Pusat Kota Mataram, Sirkuit Mandalika-Pelabuhan Lembar, Sirkuit Mandalika-Pelabuhan Gilimas, Sirkuit Mandalika-Bandara Bizam, dan Sirkuit Mandalika-Pelabuhan Kahyangan.

"Selain itu, Kemenhub juga telah membangun empat unit halte bus di KEK Mandalika yang akan ditempatkan di beberapa lokasi, mulai dari Parkir Sentral Timur, Gate 1, Gate 2, dan Gate 3 Pertamina Mandalika International Street Circuit," tulis ITDC.

Sebagai informasi, Indonesia akan menggelar kembali MotoGP setelah absen 25 tahun. Terakhir kali Indonesia menggelar balap kelas premier adalah pada musim 1996-1997 di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, kala mesin kelas MotoGP masih berkapasitas 500cc.

Tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP kedua setelah Qatar. MotoGP Indonesia digelar di Sirkuit Mandalika dengan nama 'Pertamina Grand Prix of Indonesia". Sebelumnya pada akhir tahun lalu Sirkuit Mandalika sukses menggelar balap Asia Talent Cup dan seri pamungkas WSBK (World Superbike).

MotoGP Mandalika akan digelar pada 18-20 Maret 2022, terdiri dari latihan bebas (Jumat), kualifikasi (Sabtu), dan race pada Minggu. Kelas MotoGP bakal dilangsungkan sekitar pukul 15.00 dengan 27 lap.

[Gambas:Instagram]

Simak Video 'MotoGP Mandalika Gaspol Akhir Pekan Ini, Begini Layout Sirkuitnya':

[Gambas:Video 20detik]



(lua/rgr)