Ngeri! 'Pak Ogah' Tertabrak Bus Karyawan Rem Blong

ADVERTISEMENT

Ngeri! 'Pak Ogah' Tertabrak Bus Karyawan Rem Blong

Dina Rayanti - detikOto
Rabu, 09 Mar 2022 17:07 WIB
Bus tabrak Pak Ogah di Semarang
Foto: Dok.Istimewa
Jakarta -

Insiden kecelakaan yang melibatkan bus terjadi di Kawasan Industri Tambakaji, Semarang. Tampak dalam video yang beredar di sosial media, bus terlihat melintas menurun dengan kencang hingga menabrak seorang 'Pak Ogah'.

Bus kemudian terhenti usai menabrak tiang dan tembok di kawasan pabrik yang kebetulan saat itu pintunya tengah terbuka.

Santer disebut sopir bus bertuliskan PT Indofood CBS Makmur tak bisa mengendalikan laju kendaraan dan kurang awas dalam penglihatan depan.

Bus tabrak Pak Ogah di SemarangBus tabrak Pak Ogah di Semarang Foto: Dok.Istimewa

Kecelakaan tersebut mengakibatkan 'Pak Ogah' tewas dengan luka parah. Sedangkan bus terlihat ringsek di sisi kanan dengan tersangkut dua tiang.

"Betul, korban Pak Ogah meninggal dunia," ungkap Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Sigit dikutip laman Korlantas Polri.

Kecelakaan nahas akibat bus rem blong bukanlah hal baru di Indonesia dan diprediksi masih akan terus terjadi.

Kecelakaan kendaraan besar baik truk maupun bus umumnya dikarenakan mengalami rem blong. Dari seluruh kejadian truk-bus mengalami rem blong, hampir 90% di antaranya terjadi di jalanan menurun.

Dijelaskan oleh Senior Investigator KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) Achmad Wildan, terjadinya kecelakaan karena rem blong di jalan menurun, diakibatkan oleh driver yang abai atau driver yang tidak terampil mengendarai truk-bus di jalanan menurun.

"Apa dampaknya kalau pengemudi (truk-bus) mengabaikan hal itu? Saya beritahu, hampir 90% lebih kecelakaan rem blong bus dan truk terjadi di jalanan menurun dan semuanya terjadi karena pengemudi mengabaikan," jelas Wildan belum lama ini.

Lanjut Wildan menambahkan, jika driver bus dan truk ingin melintasi jalanan yang menurun, lebih aman pakai auxiliary brake atau rem pembantu. Bentuknya seperti engine brake, exhaust brake, dan retarder yang terbaru.



Simak Video "Polisi Ungkap Kronologi Kecelakaan Bus Tabrak Tebing di Imogiri Bantul"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT