Hancur Lebur di Ukraina, Ini Daftar Kendaraan Militer Rusia yang Dirudal Drone Turki

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 03 Mar 2022 16:15 WIB
Invasi militer Rusia ke Ukraina telah memasuki hari keenam. Kendaraan tempur sepert tank dan panser banyak yang hancur hingga gosong dalam invasi tersebut.
Tank dan Panser hancur akibat invasi Rusia ke Ukraina. Foto: AP Photo
Jakarta -

Rusia mengalami sejumlah kerugian sejak melakukan invasi skala penuh ke Ukraina mulai 24 Februari 2022. Beberapa kendaraan militer yang diterjunkan ke wilayah Ukraina mengalami kerusakan berat akibat serangan balasan pihak Ukraina. Tak hanya itu, pesawat tanpa awak (drone) buatan Turki juga diklaim menghancurkan banyak kendaraan militer dan alutsista darat negeri beruang.

Drone Bayraktar TB2 buatan Turki menjadi salah satu pemain utama di peristiwa invasi Rusia ke Ukraina yang masih terjadi hingga sekarang (3/3/2022). Alat-alat tempur, fasilitas militer, bahkan beberapa jet tempur Ukraina memang sudah banyak yang hancur akibat dirudal Rusia. Namun kehadiran Bayraktar TB2 di medan laga membuat konvoi pasukan darat Rusia kewalahan dan hanya jadi sasaran empuk belaka.

Dikutip dari laman Oryxspioenkop, drone-drone Bayraktar TB2 diklaim sukses menghancurkan kendaraan militer dan persenjataan strategis milik negeri Beruang. Drone ini disebut-sebut cukup efektif menghancurkan target musuh yang terlihat jelas tanpa kamuflase.

Menurut laman tersebut, beberapa kendaraan militer Rusia berhasil dibom oleh drone ini, antara lain 1 unit Panser, 2 kereta bahan bakar, dan sekitar 20 unit mobil Jeep dan truk-truk pengangkut artileri. Beberapa sistem pertahanan rudal--permukaan ke udara--Rusia seperti Buk-M2 dan 1 Tor-M2 juga tak luput dari sasaran drone canggih ini.

Dikutip dari Forbes, Bayraktar TB2 (Tactical Block 2) buatan Turki disebut-sebut memiliki kemampuan setara dengan drone Predator AS. Drone Bayraktar TB2 terbukti kemampuannya beroperasi di wilayah udara dengan daya tahan 27 jam untuk berpatroli dan mengumpulkan data intelijen dalam waktu yang lama.

Bayraktar TB2 sanggup membawa hingga empat rudal berpemandu laser, roket MAM, buatan Turki. Rudal ini diklaim sanggup menghancurkan kendaraan taktis dan kendaraan lapis baja ringan.

Simak juga 'Potret Kota Borodyanka Ukraina, Bak Kota Mati Usai Diserang Rusia':

[Gambas:Video 20detik]



(lua/riar)