Viral 'Tank Terbang' Rusia Ditembak Jatuh Tentara Ukraina

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 01 Mar 2022 12:00 WIB
Sejumlah negara kini mengoperasikan helikopter canggih untuk pertahanan negaranya seperti Apache, Super Cobra dan MI-24, yuk intip foto-fotonya!
Ilustrasi helikopter serbu Mil Mi-24. Foto: Getty Images
Jakarta -

Rusia melakukan invasi skala penuh terhadap Rusia sejak 24 Februari 2022. Peristiwa perang besar ini menelan korban jiwa dan kendaraan perang dari dua belah pihak. Terbaru, helikopter serbu Rusia Mil Mi-24 atau biasa disebut 'tank terbang', dikabarkan jatuh ditembak tentara Ukraina.

Viral di media sosial YouTube, sebuah video yang memperlihatkan helikopter serbu Rusia ditembak rudal anti-udara milik tentara Ukraina. Helikopter serbu tersebut diidentifikasi sebagai Mil Mi-24.

Video berdurasi 30 detik itu diunggah di kanal YouTube, WarLeaks, yang memiliki 1,71 juta subcribers. Video diunggah pada 27 Februari 2022 dan hingga kini (1/3/2022) telah ditonton sebanyak 2,3 juta kali.

Dalam rekaman video amatir itu, diberitakan sebuah helikopter terlalap api dan jatuh ke tanah setelah ditembak rudal anti-udara Ukraina di atas wilayah udara Kherson, Ukraina Selatan. Helikopter itu tampak terbang rendah, sehingga bisa dijangkau dengan mudah oleh rudal-rudal Ukraina.

Sejauh ini belum ada informasi resmi dari pihak Ukraina maupun Rusia soal peristiwa tersebut. Pun belum ada media independen yang memberitakan atas kejadian itu.

Helikopter Mi Mil-24 sendiri merupakan salah satu ujung tombak alutsista Rusia untuk menggempur pertahanan lawan di garis terdepan. Helikopter canggih ini memiliki kemampuan menghancurkan target yang berat, namun di sisi lain juga tahan terhadap serangan tembakan musuh. Itu mengapa helikopter ini juga disebut sebagai Letayushiy Tank alias Flying Tank (tank terbang).

Dikutip dari berbagai sumber, helikopter yang dikenal dengan HIND (kode Nato) ini dibekali mesin ganda dan dirancang untuk mendukung serangan udara jarak dekat, untuk membatu pasukan darat melawan target lapis baja. Helikopter ini juga bisa difungsikan sebagai kendaraan angkut personel tentara.

[Gambas:Youtube]



(lua/din)