Demi Yacht Mewah Jeff Bezos Bisa Lewat, Jembatan Bersejarah di Rotterdam Mau Dibongkar

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 26 Feb 2022 17:54 WIB
Jeff Bezos, left, and Lauren Sanchez arrive at the LACMA Art + Film Gala on Saturday, Nov. 6, 2021, at the Los Angeles County Museum of Art in Los Angeles. (Photo by Richard Shotwell/Invision/AP)
Foto: Richard Shotwell/Invision/AP
Jakarta -

Salah satu orang terkaya di muka bumi, Jeff Bezos, baru-baru ini membuat panas penduduk lokal Rotterdam di Belanda. Gara-garanya, yacht barunya yang baru dibuat dalam ukuran berukuran besar mau lewat, sebuah jembatan bersejarah rencananya akan dibongkar.

Dikutip dari Fox Business, Jeff Bezos tengah membangun sebuah yacht super mewah. Kabarnya, pembuatan yacht tersebut menelan biaya sebesar US$ 485 juta atau setara Rp 6,9 triliun.

Punya nama Y721, superyacht milik Jeff Bezos ini nantinya bakal jadi kapal yacht terbesar di dunia. Kabarnya, yacht tersebut akan memiliki fasilitas mewah dan juga helipad.

Kapal mewah itu disebutkan memiliki tinggi sekitar 417 kaki atau 127,1 meter. Besarnya yacht mewah milik Jeff Bezos ini ternyata menemui satu masalah, yakni tidak bisa melewati jembatan Koningshaven di Rotterdam, Belanda.

Agar kapal mewah miliknya bisa melintas, Jeff Bezos memiliki ide yang kontroversi yakni membongkar jembatan tersebut. Alhasil, sejumlah warga lokal memprotes rencana itu karena jembatan Koningshaven punya sejarah panjang.

View of the Koningshaven Bridge, known as De Hef, (The Lift), in Rotterdam, Netherlands, Thursday, Feb. 3, 2022. A plan to dismantle the historic bridge in the heart of Dutch port city so that a huge yacht, reportedly being built for Amazon founder Jeff Bezos, can get to the North Sea is unlikely to be plain sailing. Reports this week that the city had already agreed to take apart the recently restored bridge sparked anger in the city, with one Facebook group set up calling for people to pelt the multimillion dollar yacht with rotten eggs. (AP Photo/Peter Dejong)Jembatan Koningshaven atau dikenal juga dengan De Hef, di Rotterdam, Belanda yang bisa dibongkar demi yacht mewah Jeff Bezos bisa melintas. (AP Photo/Peter Dejong)

De Hef, nama panggilan untuk jembatan Koningshaven, telah berusia sekitar 145 tahun. Penduduk lokal yang mengetahui jembatan tersebut bakal dibongkar melakukan protes keras, bahkan salah satu warga menyuarakan aksi melempar telur ke kapal yacht milik Jeff Bezos itu.

Salah satu akun Facebook bernama Pablo Strormann, yang juga merupakan warga Rotterdam, membuat sebuah undangan yang isinya mengajak warga setempat untuk melempari yacht tersebut dengan telur.

Pablo mengundang komunitas pelempar telur internasional untuk ikut bergabung dan menyerang kapal mewah milik Jeff Bezos. Sampai saat ini, lebih dari 20.000 orang telah bergabung dalam protes tersebut yang rencananya dilakukan pada 1 Juni mendatang.

Belum Ada Keputusan Jembatan Bakal Dibongkar

Terkait pembongkaran jembatan Koningshaven, kabarnya pihak Jeff Bezos bakal menanggung seluruh biayanya. Namun sampai sekarang, pihak Amazon belum memberikan konfirmasi. Begitu juga dengan Oceanco, perusahaan yang membuat superyacht milik orang terkaya di dunia itu juga tidak memberikan tanggapan.

Dilansir dari BBC, pemerintah kota Rotterdam mengatakan telah diminta untuk membongkar bagian tengah jembatan Koningshaven. Mereka juga membenarkan jika proyek tersebut seluruhnya bakal ditanggung Jeff Bezos.

"Itu adalah satu-satunya rute menuju ke laut," kata juru bicara walikota Rotterdam.

Sampai sekarang, pemerintah kota Rotterdam menegaskan belum memberikan lampu hijau terkait pembongkaran jembatan bersejarah itu. Nantinya pemerintah akan memberikan keputusan lebih lanjut dengan mempertimbangkan sejumlah aspek dari segi biaya, dampak lingkungan, serta ekonomi.



Simak Video "Cara Orang-orang Terkaya di Dunia Hadapi 'Hari Kiamat' "
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)