Gokil! Toyota AE86 Trueno Ini Berhasil Dilelang Rp 1 Miliar

ADVERTISEMENT

Gokil! Toyota AE86 Trueno Ini Berhasil Dilelang Rp 1 Miliar

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 06 Feb 2022 06:09 WIB
Toyota AE 86 dilelang Tembus Rp 1 M
Toyota AE86 Trueno. Foto: doc. Kementerian Keuangan
Pontianak -

Mobil legendaris Toyota AE86 Trueno sukses dilelang dengan penawaran tertinggi lebih dari Rp 1 miliar. Lelang mobil langka yang sudah tidak lagi diproduksi itu dilakukan di Pontianak, Kalimantan Barat.

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak telah berhasil melelang mobil Toyota Limited Edition AE86 Trueno yang merupakan salah satu mobil legendaris di ajang drifting dunia. Mobil ini terjual Rp 1,036 miliar dengan mekanisme e-auction open bidding melalui lelang.go.id pada Kamis (3/2/2022) lalu.

Dikutip dari situs DJKN Kemenkeu, mobil ini merupakan hasil tegahan dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C (KPPBC TMP C) Nanga Badau atas pelanggaran Pasal 102(B) Undang-undang Nomor 17 Tahun 2006 tentang Kepabeanan. Mobil tersebut diketahui telah dicoba diselundupkan ke Indonesia melalui perbatasan Negara dengan Malaysia di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Nanga Badau, Kalimantan Barat.

Animo masyarakat terhadap mobil satu ini sangat tinggi, terbukti dari banyaknya penawaran masuk saat lelang berlangsung selama satu jam dimulai dari pukul 09.30 - 10.30 WIB.

Selama itu masuk sebanyak 63 penawaran hingga akhirnya mencapai penawaran tertinggi. Penawaran terus melonjak dari harga limit Rp 96,9 juta hingga mencapai Rp 1,036 miliar atau naik sebesar 1.072%.

"Lelang hari ini sangat menggembirakan. Selain berhasil mencapai harga yang fantastis, juga senang sekali melihat antusias dan usaha para peserta lelang dalam menaikan harga setinggi-tingginya untuk mendapatkan mobil yang memang tidak dijual di Indonesia ini," ucap Pejabat Lelang KPKNL Pontianak, Juana.

Toyota AE 86 dilelang Tembus Rp 1 MToyota AE 86 dilelang Tembus Rp 1 M Foto: doc. Kementerian Keuangan

Sesuai ketentuan, diberikan jangka waktu selama lima hari kerja bagi pemenang untuk melakukan pelunasan, Selanjutnya, hasil dari lelang tersebut akan disetor ke kas negara sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Kepala KPKNL Pontianak Mokhamad Arif Setyawantika mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lelang sebagai sarana transaksi jual beli yang terpercaya. Selain hasilnya yang merupakan wujud nyata berperan serta aktif mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional, beberapa keunggulan lainnya, lelang itu sederhana, mudah, transparan, dan membahagiakan.

"Dapatkan informasi yang valid terkait lelang hanya di lelang.go.id," pungkasnya.

Sebagai informasi, popularitas Toyota AE86 Trueno terus meningkat ketika mobil ini digunakan Keiichi Tsuchiya, sang Drift King. Mobil ini juga merupakan mobil yang ikonic sejak muncul di manga Initial D pada 1995-2013. Di manga Initial D itu, AE86 Trueno jadi mobil yang digunakan tokoh anak muda bernama Takumi Fujiwara untuk mengantarkan dagangan tahu melewati perbukitan Akina.



Simak Video "Dijual atau Dilelang? Toyota Belum Tahu Nasib bZ4x Usai G20 Nanti"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT