Canggih! Hino Punya Teknologi yang Bisa Ketahui Perilaku Berkendara Sopir Truk

Luthfi Anshori - detikOto
Sabtu, 29 Jan 2022 14:50 WIB
Hino mendirikan fasilitas pelatihan sopir truk di Purwakarta, Jawa Barat. Fasilitas pelatihan ini memiliki materi pengujian yang lengkap dan terstandar lho.
Hino menyelenggarakan kompetisi safety driving untuk driver truk dengan memanfaatkan fitur Hino Telematics. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) telah memperkenalkan teknologi Hino Connect sejak 2020 lalu. Hino Connect merupakan sebuah telematics system pengembangan terbaru yang merupakan sistem komunikasi tanpa kabel berteknologi tinggi untuk membantu kinerja operasional bisnis customer. Seperti apa saja fitur yang ada pada teknologi ini?

Fitur-fitur di dalam Hino Connect antara lain terdapat Route Analyze dan Geo Fence yang dapat menentukan area operasional dan analisa dari rute armada, sehingga biaya operasional menjadi lebih efisien. Kemudian ada fitur untuk Driver Assignment dan Score Card pengemudi yang membuat kendaraan aman dan operasional lancar.

Fitur tersebut dapat melihat perilaku pengemudi dalam berkendara sehingga menurunkan risiko kecelakaan dan melindungi asset milik pelanggan. Terakhir keuntungan yang pelanggan dapatkan adalah kemudahan dalam manajemen kendaraan. Dalam Hino Connect terdapat fitur Service Reminder dan Vehicle Rule untuk itu perawatan kendaraan dapat dilakukan secara tepat waktu dan kendaraan Hino terus terjaga dan terawat.

Hino Connect sudah terpasang pada kendaraan Hino tahun produksi 2020 baik itu Hino Dutro, Hino Ranger dan Hino Bus. Selain itu, fitur ini Hino berikan Gratis selama 5 tahun baik itu perangkat, serta akses monitoring dan reporting-nya. Untuk data yang dihasilkan juga diklaim akan terjaga kerahasiaan dan keamanannya karena data pelanggan tersimpan di server milik Hino sendiri.

Hino Telematic Safety Driving Competition (HTSDC)

Sejak 2017 sampai 2019, HMSI gencar mengkampanyekan keselamatan berkendara melalui gelaran Hino Safety Driving Competition (HSDC). Total ada 31 kali event di 23 kota besar di seluruh Indonesia, yang diikuti total 2.275 peserta pengemudi truk dan bus dari 1.687 perusahaan.

Setelah absen akibat pandemi COVID-19, di tahun ini HMSI kembali menggelar kompetisi tersebut, namun dengan format secara online. Kompetisi tersebut diberi nama Hino Telematic Safety Driving Competition (HTSDC).

"Tujuan dari Hino Safety Driving Competition ini latar belakangnya adalah keselamatan dan juga kami punya fitur Hino Telematics yang mana dari fitur ini sebenarnya bisa untuk mengakses seperti apa performa keselamatan berkendara dari pengemudi," buka Deputy General Manager Sales Planing & Strategic Division HMSI, Wibowo Santoso, di Purwakarta (27/1/2022).

"Dan ini merupakan bentuk total support untuk customer kami dan seluruh masyarakat. Kami juga berharap ini menjadi salah satu bentuk sosialisasi kami bagaimana menggunakan fitur Telematics bagi customer kami," sambung Wibowo.

Lanjut Wibowo menambahkan, saat ini sudah ada 7.870 customer dengan total 23.000 unit yang sudah dilengkapi dengan fitur Telematics. "Jadi di tahun 2022 ini kompetisi ini akan kami lakukan dua kali. Untuk yang pertama, kami adakan untuk unit kategori medium truk ataupun ranger. Di semester kedua kami akan buka untuk Dutro juga atau light truck-nya. Kemudian di 2023 kami berencana mengadakan event ini secara hybrid, semoga COVID-19 semakin membaik sehingga kami bisa mengombinasikan kegiatan ini secara offline dan online," katanya lagi.

Sebagai catatan, sebelumnya kegiatan HSDC terbagi menjadi dua bagian test. Hari pertama pengemudi mengikuti tes tertulis soal keselamatan berkendara seperti daily inspection, proper driving, economical driving, safety driving, dan tanda rambu-rambu lalu lintas.

Setelah tes tertulis hari pertama, maka 10 perwakilan terbaik akan menjalani tes selanjutnya yaitu skill test dan inspection test. Pengemudi truk akan diuji keahliannya seperti melewati jalan zig-zag baik itu maju maupun mundur serta parkir mundur.

Nah pada gelaran Hino Telematic Safety Driving Competition (HTSDC) tahun ini seluruhnya dilakukan secara online dengan memanfaatkan fitur-fitur Hino Telematics.

Fitur telematics dari Hino Connect yang dimanfaatkan dalam kompetisi ini adalah dengan menarik data score card dari device telematics yang terpasang di setiap unit Hino sebagai penilaian dan juga bahan evaluasi.

Bagi pengemudi yang mengikuti kompetisi ini tentunya mereka dapat melihat sendiri dari hasil evaluasi score card apakah driver mengemudi dengan aman dan sesuai aturan. Jika driver mengemudi dengan baik dan aman, maka mereka akan mendapatkan poin score card yang bagus dan berpotensi menjadi pemenang selain tujuan utamanya untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan di jalan.

Sementara dari sisi pemilik bisnis, tentunya kegiatan ini melindungi bisnis operasional angkutan pengiriman barangnya lebih aman dan jauh dari kendala di jalan atau hal-hal yang merugikan perusahaan.

"Dengan peserta yang mengetahui hasil penilaian mengemudi aman atau tidak dari data score card, tentu ini menjadi bahan evaluasi bagi mereka dalam mengemudi. Karena mengemudi dengan aman dan sesuai aturan, selain dapat menjaga keamanan bagi diri sendiri, tentunya juga menjaga keamanan bagi orang lain di jalan," ujar COO-Director HMSI, Santiko Wardoyo.

(lua/din)