Sudah Diperkenalkan, Kapan Truk Listrik Mitsubishi eCanter Dijual di Indonesia?

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Kamis, 27 Jan 2022 08:36 WIB
Truk listrik Mitsubishi Fuso e-Canter.
Truk listrik Fuso kapan mulai dijual di Indonesia? (mitsubishi-fuso.com)
Jakarta -

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso sudah memperkenalkan truk listrik e-Canter ke Indonesia. Lalu, kapan truk tersebut mulai dijual di Tanah Air?

Bayu Aprizal selaku General Manager of Product Strategy PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors mengatakan, sebelum menjual truk listrik e-Canter secara resmi, PT KBI akan melakukan peninjauan terlebih dahulu. Hal ini agar menyesuaikan dengan target perusahaan dan kebutuhan konsumen.

"Per 1 Desember 2021 lalu PT KTB telah membuat departemen khusus untuk mempelajari kendaraan listrik di Indonesia. KTB akan mengadakan pembuktian konsep atau Proof of Concept di Indonesia untuk mempelajari kebutuhan pelanggan secara akurat. Momen perkenalan yang sesungguhnya akan ditentukan berdasarkan kebutuhan pasar dan koordinasi lebih lanjut dengan pemerintah," kata Bayu dalam konferensi pers virtual, Rabu (26/1/2022).

Lebih lanjut, Bayu mengungkapkan jika memang truk listrik e-Canter sudah digunakan pada sejumlah negara. Namun, bukan berarti truk ini langsung bisa dijual di Tanah Air. Sehingga, perlu beberapa tahap dalam mempelajari keinginan konsumen di Indonesia.

"Mitsubishi Fuso e-Canter memang sudah digunakan pada sejumlah negara, namun untuk membawa produk tersebut ke Indonesia tergantung pada konsumen dan punya potensi truk listrik di masa depan," jelasnya.

"Hingga akhirnya tergantung lagi dari konsumen dan menyesuaikan dengan pemerintah, maka dari itu kita masih mempelajari dulu kondisinya," tutur Bayu.

Truk listrik e-Canter sendiri banyak digunakan sebagai pengangkut logistik perkotaan jarak dekat. Karakternya sering ditemui stop and go, seperti pengiriman ke rumah, pengiriman paket perkotaan, dan penyimpanan toko serba ada.

Truk listrik Mitsubishi Fuso E-CanterTruk listrik Mitsubishi Fuso E-Canter Foto: Ridwan Arifin

Mitsubishi Fuso Pasang Target Elektrifikasi Secara Penuh di 2035, Bagaimana Indonesia?

Mitsubishi Fuso sendiri juga menargetkan akan beralih sepenuhnya ke tenaga listrik pada 2035 mendatang. Artinya, sudah tidak ada lagi kendaraan niaga dengan bahan bakar bensin yang dijual sejak tahun itu. Lalu, apakah hal tersebut juga akan berlaku di Indonesia?

Naoya "Rocky" Takai selaku President Director PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors mengungkapkan jika sejauh ini Indonesia masih dalam tahap studi. Senada dengan yang disampaikan oleh Bayu, PT KTB masih melakukan pembuktian konsep guna melihat seberapa besar efek truk listrik di pasar Indonesia.

"Memang itu merupakan arahan dari Mitsubishi pusat untuk menjual truk listrik pada 2035. Namun, kita juga sudah memulai studi saat ini dan sudah memulai proof of concept untuk bisa melihat seberapa efeknya di pasar Indonesia," pungkas Rocky.



Simak Video "Canggih! Wujud Truk Listrik yang Akan Hadir di AS Tahun 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)